Dilaporkan KPK karena Aksi Tembak Laser, Greenpeace Tanggapi Santai

sindonews | Nasional | Published at 22/07/2021 09:30
Dilaporkan KPK karena Aksi Tembak Laser, Greenpeace Tanggapi Santai

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaporkan organisasi lingkungan Greenpeace Indonesia ke Polres Metro Jakarta Selatan, belum lama ini. Pelaporan itu berkaitan dengan aksi tembak laser berisi kritik ke Gedung KPK, Senin (28/6/2021) lalu.

Atas laporan tersebut, Greenpeace Indonesia hanya menanggapi santai. Juru Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia, Asep Komarudin menyatakan pihak masih enggan mengeluarkan pernyataan sikap resmi terkait pelaporan tersebut. Sebab, kata dia, Greenpeace Indonesia belum menerima surat apa pun dari pihak kepolisian.

"Sementara ini kami masih belum mengeluarkan rilis atau pernyataan sikap terkait laporan tersebut karena memang sampai dengan saat ini kami belum menerima surat apapun dari Polres," kata Asep dihubungi, Kamis (22/7/2021).

Asep mengaku baru mengetahui adanya laporan KPK ke polisi terkait aksi 'penembakan' laser tersebut dari media. Ia belum mendapat pemberitahuan resmi dari polisi. Namun, Asep merasa bingung terkait laporan KPK tersebut. Sebab sebelumnya, KPK melalui Plt Juru Bicara, Ali Fikri, sempat mengapresiasi aksi Greenpeace.

"Nah terkait adanya laporan tersebut, kami ya bingung juga menanggapinya, karena sebelumnya pasca aksi kan KPK ada mengeluarkan pernyataan kalau tidak mempermasalahkan hal tersebut dan mengapresiasi karena menurutnya sebagai dukungan publik terhadap pemberantasan korupsi," beber Asep.

Asep menjelaskan, aksi 'penembakan' laser yang dilakukan pihaknya pada 28 Juni 2021 tersebut, merupakan bentuk protes atas adanya pelemahan terhadap pemberantasan korupsi. Terutama, setelah adanya penonaktifan terhadap para pegawai KPK yang kritis.

"Aksi tersebut dilakukan Greenpeace Indonesia merupakan dari rangkaian aktifitas yang dilakukan elemen masyarakat sipil yang menolak adanya pelemahan terhadap institusi KPK, disamping ada aksi massa, teaterikal dan pertunjukan laser tersebut merupakan bagian dari itu," pungkasnya.

Sekadar informasi, Gedung Merah Putih KPK di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, dihiasi oleh berbagai warna-warni tulisan kritis, pada Senin, 28 Juni 2021, malam hari. Warna-warni tulisan itu bersumber dari sebuah laser yang kemudian 'ditembaki' ke arah Gedung KPK.

'Tembakan' laser tersebut berwarna merah dan hijau yang menyala di bagian samping kanan, kiri, dan depan Gedung KPK. Laser tersebut membentuk sebuah tulisan yang diantaranya, 'Berani Jujur Pecat', '#Mosi Tidak Percaya', 'Save KPK', hingga 'Rakyat Sudah Mual'.

Aksi kreatif tersebut ternyata diinisiasi oleh Organisasi Lingkungan Global, Greenpeace Indonesia. Aksi tersebut dilakukan Greenpeace Indonesia sebagai langkah dalam memperjuangkan keadilan terhadap 51 pegawai KPK yang terancam dipecat karena tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Artikel Asli