Tes Swab Drive Thru Intibios Lab Dekatkan Pelayanan Ke Masyarakat

rm.id | Nasional | Published at 22/07/2021 08:53
Tes Swab Drive Thru Intibios Lab Dekatkan Pelayanan Ke Masyarakat

Meningkatnya permintaan terhadap tes Swab Antigen dan Polymerase Chain Reaction (PCR) dalam mendeteksi Covid-19 dari masyarakat membuat laboratorium harus melakukan inovasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Intibios Lab merespons perkembangan ini dengan layanan drive thru atau layanan tanpa turun mobil untuk melakukan tes.

Dengan layanan ini, masyarakat mendapatkan layanan yang nyaman, privat, sekaligus mengurangi kerumunan warga yang berpotensi menjadi klaster penularan baru, sekaligus mengurangi mobilitas warga.

Tes swab sekarang sudah menjadi kebutuhan, baik untuk keperluan melakukan perjalanan maupun untuk memeriksakan kesehatan. Permintaan yang meningkat ini harus direspons dengan layanan yang lebih efisien, cepat, namun tetap memperhatikan kenyamanan dan protokol kesehatan. Kami di Intibios memberi solusi berupa layanan drive thru, ujar Direktur Utama Intibios Lab Rio Abdurrachman, dalam pembukaan dimulainya layanan drive thru, di Cirebon, Rabu (21/7).

Menurut Rio, Cirebon menjadi pionir layanan drive thru Intibios Lab di luar Jakarta. Sebelumnya, layanan ini sudah tersedia di salah satu gedung perkantoran di kawasan bisnis Sudirman-Thamrin, Jakarta. Di Kota Udang ini, titik layanan drive thru Intibios tersedia dua lokasi, yakni di Jalan Siliwangi dan Perumnas.

Setelah ini, kami juga akan membuka layanan drive thru di seluruh cabang kami di seluruh Indonesia. Di antaranya Lampung, Jakarta, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Bogor. Kami berharap layanan ini dapat menjawab permintaan dan kesadaran masyarakat sehingga juga berkontribusi dalam memutus rantai tular, ujar Rio.

Biaya tes swab PCR di Intibios ditawarkan pada Rp 750.000, di bawah batas biaya yang ditetapkan Pemerintah, yakni Rp 900.000. Sementara, biaya untuk tes swab antigen adalah Rp 170.000.

Intibios Lab adalah buah kolaborasi sejumlah pengusaha, dokter, dan tenaga ahli laboratorium setelah melihat Indonesia masih mengalami keterbatasan jumlah laboratorium untuk memenuhi rasio pengujian Covid-19 sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO). Laboratorium ini fokus pada tes swab PCR dan antigen, serta tes serologi yang bermanfaat dalam deteksi Covid-19. Kolaborasi ini digagas Enggartiasto Lukita, pengusaha senior dan mantan Menteri Perdagangan bersama pengusaha Sumadi Seng, Belly Budiman, Then Herry, dan Rio Abdurrachman, dan Dokter Nanny Djaya.

Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis menyambut baik solusi yang disediakan Intibios Lab. Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Intibios Lab yang telah berinovasi dalam pelayananannya kepada masyarakat. Dengan drive thru ini, pelayanan bisa lebih cepat dan tidak ada kerumunan. Pada akhirnya, masyarakat Cirebon yang diuntungkan dan mendapat manfaat dari layanan ini, kata Azis.

Setelah beroperasi sebagai laboratorium fokus Covid-19 sejak pertengahan 2020, Intibios Lab kini tengah bertransformasi untuk mengembangkan layanan menjadi laboratorium klinik dengan layanan yang lebih lengkap. Seperti pemeriksaan darah untuk deteksi penyakit dan medical check-up . Saat ini, Intibios sudah memiliki 15 unit laboratorium di sembilan kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan sudah termasuk dalam 742 laboratorium yang terdaftar di Kementerian Kesehatan.

Kehadiran drive thru mendapat sambutan positif karena selama ini masyarakat harus mengantre cukup lama dan harus pergi ke unit laboratorium yang jauh dari rumah. Namun, masih perlu waktu agar dinas-dinas kesehatan dari pemerintah daerah bisa melihat manfaat layanan yang sejalan dengan program pemerintah pusat ini, tambah Rio Abdurrachman. [ WUR ]

Artikel Asli