Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Sayur Bayam yang Wajib Tahu

ayosemarang | Nasional | Published at 22/07/2021 06:46
Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Sayur Bayam yang Wajib Tahu

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM Sayur-sayuran memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Selain buah-buahan, sayuran juga bisa membuat tubuh semakin sehat jika rutin mengonsumsinya.

Salah satu sayuran yang memiliki manfat banyak untuk kesehatan yakni bayam. Sayur berwarna hijau ini mengandung zat besi hampir 2 kali lebih banyak.

Tapi, tingginya zat besi dalam bayam bukanlah satu-satunya yang membuat sayuran menyimpan banyak manfaat kesehatan.

Karena, bayam juga bisa membuat tubuh lebih sehat dan kuat dalam banyak hal, mulai dari membuat kulit lebih bercahaya hingga melancarkan pencernaan.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 manfaat kesehatan dari mengonsumsi sayur bayam secara rutin.

1. Memperkuat tulang dan otot

Bayam kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi, termasuk zat besi, magnesium, kalium, mangan dan vitamin C. Magnesium dalam sayur bayam bisa membantu memperkuat otot dan saraf.

Selain itu, magnesium dalam sayur bayam juga membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sedangkan, makanan lain yang bisa menurunkan risiko patah tulang adalah kangkung, kubis brussel, tomat, labu dan paprika merah.

2. Menjaga kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin adalah kandungan dalam bayam yang bisa menurunkan risiko penyakit mata. Para ilmuwan percaya bahwa orang yang rutin makan banyak memiliki risiko lebih rendah terkena katarak dan degenerasi makula terkait usia yang disebabkan oleh penyebab utama penurunan penglihatan.

3. Memperlancar sirkulasi darah

Bayam memiliki kadar potassium yang tinggi sehingga efektif melawan tekanan darah tinggi. Makan sayur bayam secara rutin bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Tapi, ingatlah bahwa sayur bayam tidak bisa menjadi pengganti obat. Tekanan darah tinggi bisa berbahaya bila diabaikan sehingga membutuhkan pengobatan medis.

4. Rambut dan kulit lebih sehat

Bayam merupakan sumber vitamin A yang baik sehingga penting untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Karena, vitamin ini merangsang pembelahan sel dan melindungi sel-sel kita dari radikal bebas.

Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan rambut rontok dan membuat kulit terkelupas serta kering. Vitamin C dalam bayam juga berkontribusi pada pembentukan kolagen yang memberi struktur pada kulit dan rambut.

5. Menjaga pencernaan

Bayam juga mengandung banyak serat, vitamin dan nutrisi yang menjaga kesehatan pencernaan, salah satunya mencegah sembelit. Bahkan Anda bisa mengonsumsi sayur bayam dalam kondisi mentah maupun matang setelah diolah.

Artikel Asli