Warning Pj Bupati Nabire Jelang PSU ASN, Polri Dan Polri Kudu Netral Saat Coblos Ulang

rm.id | Nasional | Published at 22/07/2021 06:20
Warning Pj Bupati Nabire Jelang PSU ASN, Polri Dan Polri Kudu Netral Saat Coblos Ulang

Penjabat (Pj) Bupati Nabire, dr Anton Tonny Mote meminta semua pihak menyukseskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Nabire yang akan digelar pada Rabu, 28 Juli 2021. Dia mewarning agar Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri untuk netral saat PSU.

Saya minta semua pihak, mulai KPU, Bawaslu, Polri, TNI, para tokoh agama, tokoh adat, kepala suku, tokoh pemuda, ASN, seluruh masyarakat untuk menyukseskan PSU Pilkada Nabire, pintanya, kemarin.

Hal pertama dan utama yang akan dilakukan adalah meminta semua pihak tanpa kecuali agar menjaga stabilitas dan kondusifitas Nabire, baik wilayah PSU atau bukan. Baik di ranah dunia nyata maupun dunia maya.

Saya juga tekankan, harus menjunjung tinggi netralitas ASN, TNI dan Polri, harap Anton.

Berkaitan stabilitas keamanan, dia mengaku terus berkoordinasi dengan semua pihak, baik penyelanggara, aparat dan para tokoh agama dan kepala suku. Kita harap bersama bahwa PSU aman terkendali. Jika ada keributan atau gangguan, langsung akan ditangani aparat, tegasnya.

Dijelaskan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga solid dan kompak. Forum ini tidak akan mentolerir segala upaya yang mengancam stabilitas dan kondusifitas, baik pramaupun pasca PSU Pilkada Nabire.

Siapapun yang menang PSU, adalah putra terbaik Nabire. Mari kita hormati bersama, sebagai wujud pilihan masyarakat. Kita hormati proses demokrasi dan junjung tinggi keragaman, demi kemajuan Nabire di masa depan, jelas Anton.

Selain itu, dia mengajak semua warga yang telah terdaftar sebagai pemilih datang ke TPS masing-masing dan menyalurkan hak pilihnya dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Saat datang ke TPS, pemilihan harus matuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Petugas TPS akan mengatur prokes di TPS.

Saya ingatkan, Covid-19 belum berakhir. Sekali lagi, semua pihak wajib patuhi prokes saat menyalurkan hak pilihnya, pinta Anton.

Untuk mengantisipasi keamanan jelang PSU Pilkada Nabire 28 Juli 2021, sebanyak 50 personel Polres Biak Numfor digeser. Personel yang terlibat Bantuan Kendali Operasi (BKO) sebelumnya telah diberikan pelatihan khusus, guna meningkatkan kemampuan pengamanan PSU Pilkada Nabire.

Kami harap, dengan penambahan pasukan dapat mengawal, menjaga dan mengamankanPSU Pilkada Nabire, kata Kapolres Biak Numfor, AKBP Andi Yoseph Enock, kemarin.

Andi berharap, semua personel yang melaksanakan BKO selalu menjaga nama baik Polres Biak Numfor, mulai keberangkatan hingga kembali ke satuan.

Status BKO dikendalikan Kapolres Nabire. Untuk itu yang menjadi perintah dan petunjuk Kapolres Nabire harus diikuti dan dilaksanakan, jelasnya.

Andi juga berpesan, PSU Pilkada Nabire masih di tengah pandemi Covid-19. Karenanya, untuk personel yang bertugas wajib tetap disiplin prokes, menjaga kesehatan, saling mengingatkan satu sama yang lain, agar koordinator selalu mengecek anggotanya. Semoga PSU Pilkada Nabire berjalan aman dan lancar dan semua personel kembali dalam keadaan sehat, harapnya.

Sebelumnya, Dandim 1705 Nabire, Letkol Infantri Benny Wahyudi, mengatakan, TNI dalam menjaga pelaksanaan PSU tidak boleh terlalu dekat dengan TPS. Menurutnya, bila diminta ikut mengawasi pemeriksaan surat undangan dan identitas pemilih, maka perlu surat permohonan yang disampaikan penyelenggara kepada TNI melalui Dandim, agar TNI tidak menyalahi aturan.

TNI akan selalu bersinergi dengan Polri dalam mengamankan PSU. Dalam panduan, kami tidak boleh dekat dengan TPS. Jika kami dibolehkan mendekat, maka butuh surat permohonannya dari penyelenggara, ujar Benny.

Perlu diketahui, PSU Pilkada Nabire rencananya dilaksanakan pada 28 Juli 2021. Coblos Ulang Pilkada Nabire digelar sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas selisih Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak valid dan tidak logis, serta PSU dianggap tidak sah, karena tidak dilakukan dengan menggunakan sistem pencoblosan langsung.

Pilkada Nabire diikuti tiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati. Yakni Paslon Yuvinia Mote-Muhammad Darwis, Mesak Magai-Ismail Jamaludin dan FX Mote-Tabroni Cahya. [EDY]

Artikel Asli