Jika Tampil dalam Performa Puncak, No 1 Indonesia Bisa ke Semifinal

jawapos | Nasional | Published at 20/07/2021 19:29
Jika Tampil dalam Performa Puncak, No 1 Indonesia Bisa ke Semifinal

JawaPos.com Tim bulu tangkis telah menjalani pemusatan latihan di Kumamoto, Jepang, selama lebih dari satu pekan. Kemarin (19/7) mereka mulai berpindah ke athlete village di Tokyo. Pertandingan pertama akan dimulai pada Sabtu (24/7) di Musashino Forest Sport Plaza.

Menjelang hari pertandingan tersebut, mereka lebih banyak memanfaatkan waktu untuk menjaga kondisi. Anthony Sinisuka Ginting mengatakan, saat ini kondisinya sudah siap 100 persen. Pada pertandingan pertama nanti, tunggal nomor satu Indonesia itu akan menghadapi Gergely Krausz (25/7).

Ini akan menjadi pertemuan pertama mereka. Secara peringkat, keduanya terpaut jauh. Ginting menjadi unggulan kelima, sedangkan Krausz peringkat ke-94 dunia.

Dari awal tidak mau lihat siapa lawannya sih. Tetap fokus dan maksimal saja untuk persiapan menjelang pertandingan sama nanti pas pertandingannya, kata Ginting dalam pernyataan resmi.

Untuk lolos ke babak 16 besar, Ginting harus menjadi juara grup. Selain Krausz, Ginting tergabung di grup J bersama Sergey Sirant. Peluang Ginting memang lebih besar untuk bisa melesat dalam Olimpiade Tokyo 2020 ini.

Jika bisa tampil dengan performa terbaik, dia dapat melaju hingga semifinal.
Hasil undiannya pun lebih menguntungkan. Waspada satu per satu dulu di (babak) grup. Ini Olimpiade, semua bisa terjadi. Dalam turnamen biasa pun sering terjadi pemain yang peringkatnya lebih rendah bisa mengalahkan unggulan, tuturnya.

Ginting merasa beruntung bisa menjalani adaptasi lebih lama di Jepang. Sebab, kontingen Indonesia diharuskan menjalani karantina tiga hari sejak hari kedatangan. Kemarin rombongan besar kontingen Indonesia sudah berada di Tokyo.

Ginting mengungkapkan, saat tiba di Jepang pada 9 Juli lalu, dirinya harus melakukan beberapa penyesuaian. Kondisinya sempat drop karena ada karantina.

Kondisi memang sempat menurun karena tiga hari pertama tidak ada latihan. Tetapi, berkat program yang dijalani sejauh ini, sudah kembali oke. Aman dan siap bertanding, terangnya.

Selama pemusatan latihan itu, mereka berlatih di dua lokasi. Pertama di Kumamoto Prefecture Gymnasium. Kemudian berpindah ke Hall Shaisunkan pada Jumat (16/7). Cukup menyenangkan bisa latihan di sini. Suasana baru membuat kami makin termotivasi, imbuh Ginting.

Artikel Asli