Bukan Luhut, Jokowi Yang Bakal Umumkan Nasib PPKM Darurat Malam Ini

rmol.id | Nasional | Published at 20/07/2021 19:12
Bukan Luhut, Jokowi Yang Bakal Umumkan Nasib PPKM Darurat Malam Ini

RMOL.Lanjut tidaknya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 akan diumumkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo,Selasa malam ini (20/7).

Berdasarkan informasi yang dibagikan kepada wartawan Istana Kepresidenan, Jokowi yang akan mengumumkan nasib dari pelaksanaan PPKM Darurat, khususnya di wilayah Jawa-Bali yang dipimpin oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Jumpa pers Jokowi tersebut akan ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden secara live streamingpada pukul 19.30 WIB.

Dalam jumpa pers virtual tentang "Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darura", Sabtu lalu (17/7), Luhut selaku Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali menyatakan tidak bisa mengumumkan kelanjutan PPKM Darurat.

Sebabnya, dia masih harus melaporkan hasil evaluasi PPKM Darurat yang diberlakukan 3-20 Juli, kepada Presiden Joko Widodo.

Namun begitu, Luhut menyebut pemerintah sudah menyiapkan fase transisi atau pelonggaran dengan beberapa ketentuan yang bisa dilakukan masyarakat.

"Ada dua indikator yang kami gunakan mengevaluasi periode transisi. Di mana, beberapa relaksasi bisa dilakukan jika penambahan kasus konfirmasi dan bed occupancy ratesemakin baik," ungkapnya.

Adapun terkait wacana perpanjangan PPKM Darurat sudah pernah disampaikan Menko PMK, Muhadjir Effendy, setelah mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo, Jumat sore (16/7).

Muhadjir mengungkapkan, Kepala Negara sudah memutuskan perpanjangan PPKM Darurat hingga akhir bulan Juli, atau ditambah 11 hari dari ketetapan awal yaitu hingga tanggal 20 Juli. []

Artikel Asli