Stok Oksigen di RS Immanuel Bandung Kembail Tercukupi Berkat Donasi Warga

limapagi.id | Nasional | Published at 20/07/2021 13:15
Stok Oksigen di RS Immanuel Bandung Kembail Tercukupi Berkat Donasi Warga

LIMAPAGI - Rumah Sakit Immanuel Bandung mengungkap ketersediaan tabung oksigen sudah kembali tercukupi dalam penanganan pasien Covid-19.

Sebelumnya, krisis oksigen telah membuat salah satu RS Rujukan Covid-19 di Bandung ini, telah mendapat suplai bantuan tabung oksigen dari vendor dan masyarakat.

"Jadi sekitar pukul 01.00 WIB, subuh tadi, sudah tiba oksigen dari PT Semator," ucap Legal dan Humas RS Immanuel Gideon saay dikonfirmasi, Selasa 20 Juli 2021.

Gideon menyebutkan, total ada 2,5 ton tabung gas oksigen yang diterima RS Imanuel saat ini.

Tetapi, ia juga mengakui bahwa, stok oksigen RS Imanuel kembali tersedia berkat donasi tabung oksigen dari masyarakat.

Saat ini juga banyak donasi-donasi oksigen tabung yang sudah datang, tambahnya.

Ia juga mengklarifikasi bahwa tidak ada kasus kematian RS Imanuel karena faktor kekurangan oksigen. Kebutuhan oksigen untuk pasien pasien Covid-19 masih terjaga.

Sejauh ini pelepasan (selang oksigen pasien karena kehabisan stok) tidak terjadi, semuanya masih aman, jelasnya lagi.

Lebih lanjut, Gideon mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat atau vendor yang membantu RS Immanuel Bandung dari kondisi kehabisan tabung oksigen.

"Kami juga telah menginformasikan kepada para pasien, puji Tuhan banyak bantuan dari individu-individu yang mengirimkan oksigen dalam tabung dan sehingga sampai saat ini masih bisa teratasi," pungkasnya.

Sebelumnya, beredar surat dari Rumah Sakit Immanuel Bandung terkait kehabisan stok oksigen di tengah penanganan pasien Covid-19, Senin 19 Juli 2021, malam.

Dalam surat tersebut menyebutkan, bahwa RS Immanuel Bandung kehabisan stok oksigen.

Jika dalam waktu dekat tabung oksigen tidak kunjung diterima, pihak RS terpaksa akan mencabut selang oksigen pasien untuk sementara waktu hingga datangnya stok tabung oksigen.

Artikel Asli