Dinkes Kota Bandung Respons Krisis Oksigen di RS Rujukan Covid-19 Immanuel

limapagi.id | Nasional | Published at 20/07/2021 15:35
Dinkes Kota Bandung Respons Krisis Oksigen di RS Rujukan Covid-19 Immanuel

LIMAPAGI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, menegaskan komitmen untuk berupaya menangani kebutuhan gas oksigen di rumah sakit rujukan Covid-19, termasuk di RS Immanuel.

Seperti diketahui, Rumah Sakit Immanuel pada Senin 19 Juli 2021 sempat kehabisan gas oksigen. Tetapi kejadian tersebut mampu diatasi dalam beberapa jam.

"Rumah Sakit Immanuel mau habis mungkin ya," kata Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara saat dihubungi Limapagi.id, Selasa 20 Juli 2021.

Ahyani menjelaskan telah melakukan langkah antispasi terhadap kekurangan oksigen di Rumah Sakit Immanuel.

Dinkes Kota Bandung sebagai bagian dari Pokja Pemantauan Ketersediaan Oksigen Kota Bandung, langsung mendistribusikan gas oksigen ke rumah tersebut.

Ahyani juga menerangkan, ada berbagai faktor terkait kekurangan oksigen di Rumah Sakit Immanuel.

Faktor utamanya adalah jumlah pasien yang meningkat, dan distribusi yang terhambat.

"Banyak faktor antara lain pasien meningkat, kasus yang memerlukan oksigen meningkat, dan dari pengiriman atau distribusi," beber dia.

Tidak hanya untuk Rumah Sakit Immanuel, lanjut Ahyani, pihaknya akan terus bekerja untuk ketersediaan gas oksigen di rumah sakit rujukan Covid-19, puskesmas, dan pasien isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Tetapi, untuk setiap RS Rujukan Covid-19 diminta untuk manajemen perencanaan dan penggunaan oksigen secara baik.

"Dinkes untuk mendata kebutuhan, Disdagin memastikan suply. Dan Pokja secara umum koordinasi berbagai level untuk ketersediaan," pungkasnya.

Artikel Asli