Tim JOTA Gagal Naik Podium di Sirkuit Monza

limapagi.id | Nasional | Published at 20/07/2021 17:00
Tim JOTA Gagal Naik Podium di Sirkuit Monza

LIMAPAGI - Tim JOTA gagal naik podium pada balapan FIA World Endurance Championship (WEC) kategori LMP2 di Sirkuit Monza, Italia, Minggu, 18 Juli 2021.

Sean Geleal, Tom Blomqvist, dan Stoffel Vandoorne hanya finis di posisi kelima. Kesalahan strategi menjadi faktor kegagalan Tim JOTA.

Meski begitu, Sean mengatakan dia dan kolega tidak akan menyerah pada balapan selanjutnya untuk memberikan yang terbaik.

Kami menang dan kalah bersama-sama sebagai tim. Berjuang keras sudah sampai posisi ketiga, lalu ada kesalahan strategi dan buntutnya hanya posisi kelima.

Kami belajar banyak dari hasil ini dan pantang menyerah untuk meraih hasil lebih bagus, kata Sean.

Para pebalap tersebut sudah memberikan perjuangan yang hebat pada balapan 6 Hours of Monza. Mereka memulai balapan dari posisi ke-17 dan mampu finis di peringkat kelima.

Jika berkaca perjalanan musim 2021, tentu torehan tersebut bukan hasil bagus. Soalnya, mereka selalu naik podium pada dua seri pertama.

Namun, merunut perjalanan mereka sejak kualifikasi, posisi kelima boleh dibilang merupakan pencapaian maksimal.

Pada sesi kualifikasi, Vandoorne yang menjadi wakil JOTA #28 sempat mengalami insiden. Dia melintir dan menabrak tembok ketika akan melakukan flying lap .

Akibatnya ban mobil mengalami kerusakan. Hal itu merugikan tim karena jatah ban untuk kualifikasi dan lomba jadi satu paket. Selain itu, mereka harus memulai balapan dari posisi ke-17.

Saat balapan, Vandoorne tidak langsung menggeber mobilnya dengan kecepatan yang diinginkan. Soalnya, ia harus mengalkulasi penggunaan ban. Alhasil, dia sempat membawa JOTA #28 ke posisi kelima.

Kemudian, Giliran Sean yang tampil dan menunjukkan kelasnya. Dia mampu menyusul dua lawannya, Ryan Cullen (Misi Competizione) dan Frits Van Eerd (Racing Team Netherland).

Sean akhirnya sempat membawa JOTA #28 di posisi ketiga. Sayangnya, dia melakukan kesalahan saat melakukan pit stop , yang membuatnya terkena penalti.

Akibatnya, posisinya turun dan tertinggal satu putaran. Perjuangan tim JOTA kemudian dilanjutkan Blomqvist pada stint berikutnya.

Terakhir, Vandoornetampil sebagai pebalap terakhir dan membuat tim JOTA mengamankan peringkat kelima.

Selanjutnya, tim JOTA akan turun pada balapan legendaris di FIA WEC, yaitu 24 Hours of Le Mans. Rencananya, balapan tersebut akan berlangsung pada 21-22 Agustus 2021.

Artikel Asli