Polres Jakbar Catat Kriminalitas Turun Selama PPKM Darurat

limapagi.id | Nasional | Published at 20/07/2021 17:30
Polres Jakbar Catat Kriminalitas Turun Selama PPKM Darurat

LIMAPAGI - Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, selama pemberlakuan PPKM Darurat, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta tingkat kejahatan di wilayah Jakarta Barat terbilang menurun.

"Alhamdulilah kalau kita melihat kegiatan kriminalitas sangat kondusif atau tidak ada lonjakan kasus. Yang berarti, situasi kamtibmas jika dilihat dari kriminalitas cukup menurun," ujar Ady, dalam keterangannya, Selasa, 20 Juli 2021.

Ady menyebut, Selama PPKM Darurat penurunan angka kriminalitas mencapai 12 persen dalm periode satu bulan.

"Jika dihitung, ada penurunan sebanyak 12 persen. Karena sebelum (pelaksanaan PPKM Darurat) juga kita hitung kan selama satu bulan," lanjutnya.

Sementara itu, mengenai ketertiban masyarakat pada malam takbiran Senin malam, 19 Juli 2021 kemarin, menurut Ady terpantau berjalan dengan aman.

Dia juga menegaskan pihaknya tidak menemukan adanya masyarakat yang melakukan kegiatan takbir keliling.

"Alhamdulillah dari beberapa titik, delapan kecamatan yang saya lihat di lapangan tidak ada yang lakukan takbir keliling," ujarnya.

"Mereka (warga) melakukan takbir di lokasi masjid 3-5 orang, mengumandangkan takbir kemudian ada yang di rumah, seperti itu," imbuhnya.

Selain angka kriminalitas turun, Ady juga menyoroti penurunan yang sama angka kasus aktif Covid-19 di wilayah Jakarta Barat.

Kendati mengalami penurunan signifikan, Ady tetap mengimbau kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan serta mengurangi mobilitas jika tidak memiliki kepentingan mendesak.

"Untuk kasus Covid-19, sejak 12 Juli lalu memang terjadi penurunan juga sejak diberlakukan PPKM Darurat," paparnya.

Ia merinci, sebelumnya kasus aktif Covid-19 di Jakbar tercatat 2.500 orang. Turun menjadi 1.700 dan 1.500 orang.

"Sampai akhirnya kemarin di angka 800 kasus," tutupnya.

Artikel Asli