Wagub DKI Kurban Sapi Limosin 950 Kilogram untuk Warga Jakarta

limapagi.id | Nasional | Published at 20/07/2021 18:30
Wagub DKI Kurban Sapi Limosin 950 Kilogram untuk Warga Jakarta

LIMAPAGI - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria melaksanakan ibadah kurban Idul Adha 1442 Hijriah, dengan menyerahkan hewan kurban sapi berbobot 950 kilogram.

Sapi tersebut disambelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Cakung PD Dharma Jaya, Jakarta Timur, pada Selasa, 20 Juli 2021.

Sapi kurban jenis limosin itu secara simbolis diserahkan kepada Korpri Provinsi DKI Jakarta selaku panitia kurban.

Dalam kesempatan itu, Riza juga meninjau RPH Dharma Jaya dan turut memastikan kegiatan pemotongan hewan kurban sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

"Alhamdulillah di sini prokes sangat ketat. Harus diswab terlebih dahulu dan yang bekerja di sini, hadir di lingkungan ini hanya yang berkepentingan melakukan pemotongan, tidak diperkenankan yang lain," Kata Riza di Jakarta, Selasa, 20 Juli 2021.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganjurkan agar pemotongan hewan kurban dilakukan di RPH Ruminansia (RPH-R) dengan menerapkan prokes Covid-19 yang ketat. Hal ini sesuai dengan Seruan Gubernur DKI Jakarta No. 11 Tahun 2021.

Oleh karena itu, Riza mengimbau warga Jakarta agar ibadah kurban di masa PPKM darurat dilaksanakan dengan menerapkan prokes, selain tentunya sesuai dengan syari'at Islam.

Namun, jika ada keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH-R, maka pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di luar RPH-R.

Hal ini berpedoman pada SE Menteri Agama RI No. 17 Tahun 2021, dan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat.

"Bagi yang melakukan pemotongan di tempat masing-masing yang sejauh diperkenankan atas persetujuan Satgas Covid-19 (setempat), tetap harus dilaksanakan dengan menggunakan prokes yang ketat, tidak diperkenankan ada kerumunan, hanya petugas pemotongan saja yang ada di tempat," tegas Riza.

Artikel Asli