Varian Delta Ditemukan di Papua, 10 dari 12 Sampel Dinyatakan Positif

okezone | Nasional | Published at 20/07/2021 17:18
Varian Delta Ditemukan di Papua, 10 dari 12 Sampel Dinyatakan Positif

JAYAPURA - Beredarnya informasi masuknya varian delta Covid-19 ke Papua akhirnya terjawab. Varian delta Covid-19 mematikan tersebut ditemukan di Kabupaten Merauke, Papua setelah dilakukan pemeriksaan 12 sampel yang dikirim RSUD Merauke ke Litbangkes.

Hal tersebut disampaikan juru bicara satuan tugas (satgas) Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule. Menurut Silwanus sesuai laporan yang diterima Satgas Covid19 Provinsi Papua, dari 12 sampel yang dikirim dari RSUD Merauke ke Litbangkes Papua, 10 sampel dinyatakan positif.

Berdasarkan laporan dari Litbangkes, dari 12 sampel yang dikirim oleh Rumah sakit Merauke, 10 diantaranya dinyatakan positif varian delta, ungkapnya kepada wartawan, Selasa (20/07/21).

Silwanus menjelaskan bahwa saat ini pihaknya masih memeriksa beberapa sampel yang dikirim dari Kabupaten Mimika dan Kota Jayapura.

Hingga saat ini data yang sudah keluar barulah dari Kabupaten Merauke, sementara untuk daerah lain seperti Kota Jayapura dan Timika datanya belum keluar, terangnya.

Dia menyatakan dengan kasus ini berarti varian delta sudah masuk ke Papua.

Saya mau sampaikan bahwa virus ini di bawa oleh manusia, selama belum ada penutupan bandara atau pelabuhan maka masih memungkinkan varian delta ini sudah menyebar ke daerah lain, namun kami berharap tidak demikian, jelasnya.

Diungkapkan Silwanus, saat ini Litbangkes Papua sudah bisa memeriksa sampel untuk varian Delta, namun tidak semua sampel bisa diperiksa, pasalnya Litbangkes hanya memiliki satu komputer super untuk memeriksa sampel varian delta.

Artikel Asli