Hewan Kurban yang Disembelih di RPH Meningkat 100 Persen

jawapos | Nasional | Published at 20/07/2021 16:49
Hewan Kurban yang Disembelih di RPH Meningkat 100 Persen

JawaPos.com Plt Kepala Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surabaya M. Faiz mengakui jumlah hewan kurban yang disembelih di RPH meningkat. Penyembelihan hewan kurban itu dilakukan dalam rangka perayaan Idul Adha 1442 H.

Dia mencatat, pada hari ini (20/7), terdapat 68 sapi dan 30 kambing yang disembelih. Meski terbatas, dia mengakui tahun ini, jumlah hewan kurban meningkat hingga 100 persen.

Tahun lalu cuma ada 100 hewan kurban. Tahun ini mencapai 200-an. Dibagi dalam 3 hari. Per hari 7080 sapi dan 30 kambing, ujar M. Faiz.

Jumlah itu menurut Faiz memang terbatas. Sebab, pihaknya berharap tidak ada kerumunan di RPH. Bila pemotongan sapi dan kambing banyak dilakukan dalam satu hari, warga yang menitipkan hewan kurban akan menumpuk.

Memang kita batasi prokesnya. Hari ini (20/7) ada 68 sapi dan 30 kambing. Itu pun dilakukan dari pukul 7 pagi, jelas M. Faiz.

Berdasar evaluasi hari ini (20/7), pihaknya akan memajukan jam penyembelihan Rabu (21/7). Pihaknya akan mulai menyembelih pada pukul 5 pagi.

Kalau sapi kan butuh waktu, tapi kalau kambing kan sebentar. Sapi besok 82, kenapa lebih banyak? Potongnya besok mulai jam 5 pagi, ujar M. Faiz.

Dia menargetkan semua proses penyembelihan selesai pada pukul 1 atau 2 siang. Untuk proses pembersihan dan seluruhnya, selesai sebelum pukul 5 sore. Targetnya jam segitu sudah selesai. Jadi karyawan pulang istirahat, hari ke-3 sekitar 70 (sapi). Hari terakhir cuma berapa ekor, kalau sapi sementara 7 ekor, kalau nggak salah, kata M. Faiz.

Salah satu faktor peningkatan jumlah hewan kurban adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Sebab, penyembelihan di masjid dan kampung harus dibatasi.

Alasan lain adalah tingkat kepercayaan masyarakat yang meningkat pada RPH Surabaya. Hal itu diakui Ade Ratna, salah satu warga pendatang dari Medan yang menitipkan hewan kurban di RPH.

Dari medsos (media sosial) dan dari imbauan Pemerintah Kota Surabaya. Saya baru tahu kalau petugas RPH sudah terverifikasi. Pasti halalnya, ucap Ade.

Ade menunggu hewan kurbannya selesai diproses di ruang tunggu. Dia mengapresiasi pemasangan CCTV di ruang penyembelihan. Prosesnya cepat dan bersih, tutur Ade.

Artikel Asli