Idul Adha 1442 H: Kampung Miliarder Kurban 99 Ekor Hewan Sapi

jatimtimes.com | Nasional | Published at 20/07/2021 16:11
Idul Adha 1442 H: Kampung Miliarder Kurban 99 Ekor Hewan Sapi

JATIMTIMES - Kampung Miliarder di kawasan mega proyek Kilang Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada perayaan Idul Adha 1442 H/2021 M berkurban ratusan ekor hewan.

Antusiasme orang kaya baru Desa Sumurgeneng, Desa Wadung, tersebut dengan menyerahkan dan mendistribusikan beberapa ekor hewan kurban kepada mustahiq di luar Kecamatan Jenu.

"Tahun ini Desa Wadung mengurbankan 32 ekor sapi dan 30 ekor kambing," kata Kepala Desa Wadung, Sasmito kepada Jatim TIMES, Selasa (20/07/2021).

Lanjut Sasmito data terkumpulkan dari takmir Masjid Wadung terdapat 24 ekor sapi dan 20 kambing dikurbankan. Sedangkan di tempat ibadah Masjid Ringin, delapan ekor sapi dan 10 ekor kambing.

Sebab itu, Kades Sasmito meminta warganya untuk berkoordinasi dengan pihak takmir. Sementara perangkat Desa Sumurgeneng, Jenu, Sholikin mengatakan ada sekitar 67 ekor hewan dikurbankan pada Idul Adha tahun ini.

"InsyaAllah data sementara 67 ekor hewan untuk kurban. Akan disembelih 2 hari," ungkap Sholikin.

Rencana daging kurban, tambah Sholikin dari warga kampung miliarder juga akan diserahkan ke berbagai lokasi masjid maupun musala.

Terdapat 24 lokasi distribusi hewan kurban Desa Sumurgeneng, dari Masjid Karangrejo Desa Rawasan, Masjid Mlangwe Desa Mentoso, Masjid Plaosan Desa Tasikharjo, Masjid Attqwa Desa Temaji, Masjid Dermo Desa Tasikharjo dan Masjid Pereng Desa Purworejo.

Lanjutnya, Masjid Gunung Kalak Wilis, Masjid Suwalan, Masjid Banaran, Masjid Besar Beji, dan Masjid Jenggolo. Lalu Masjid Antana Jenu, Masjid Kaliuntu serta Masjid Meduran Desa Beji.

Juga disalurkan ke Masjid Pomahan, Masjid Waringgolo, Masjid Sugihan Merakurak, Masjid Tobo Merakurak, Masjid Jabung Sugihwaras, Masjid Prunggahan Kulon, Masjid Kajar Sokogrenjeng.

Kemudian, ke Masjid Karanganyar, Masjid Merkawang, Masjid Karangdowo, Masjid Soko Sekardadi, Masjid Sumurwaru Remen, Masjid Tuwiri Wetan, Pondok Pesantren Sarang, Rembang, dan kantor kecamatan.

Bila dikalkulasikan seluruh hewan kurban Desa Sumurgeneng dan Wadung Jenu, terdapat 99 ekor sapi dan 36 ekor kambing.

Sekedar Informasi, sebutan kampung miliarder viral di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, setelah dua video belasan mobil baru didatangkan di kampung Sumurgeneng dan Desa Wadung bulan Februari 2021.

Para warga menjadi miliarder setelah menjual tanah lahan untuk pembangunan mega proyek Kilang Tuban Pertamina kerjasama dengan Rosneft Rusia.

Direncanakan kilang minyak ini ditarget pemerintah RI beroperasi tahun 2024 dengan luas mencapai 1.050 hektar. Rinciannya 821 hektar lahan darat, sisanya lahan reklamasi.

Sedangkan kebutuhan lahan darat diperoleh dari wilayah Desa Kaliuntu 6 bidang, Desa Wadung 562 bidang, Desa Sumurgeneng 566 bidang dan lahan KLHK 1 bidang ditambah lahan Perhutani 1 bidang.

Pihak Pertamina menyebutkan proyek GRR Tuban onstream tahun 2026 dengan investasi Rp 225 triliun. Yang akan beroperasi dalam meningkatkan ketahanan produksi minyak mentah dalam negeri dengan produk olahan bensin, solar, dan avtur dan terintegrasi industri petrokimia.

Meski sedemikian megah masterplan mega proyek kilang, namun juga ada kisah tentang kehidupan warga di sekitar kawasan mega proyek kilang tersebut. Bagi sebagian warga yang bermukim di sana, mereka berharap relokasi ini adalah yang terakhir. Karena tercerai-berai sanak kerabat mengikuti alur pembelian lahan tersebut. (*)

Artikel Asli