Presiden Jokowi Sadar Masyarakat Keberatan Aturan PPKM Darurat

ayosemarang | Nasional | Published at 20/07/2021 15:51
Presiden Jokowi Sadar Masyarakat Keberatan Aturan PPKM Darurat

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM - Presiden Jokowi sebenarnya menyadari bahwa masyarakat keberatan denganaturan PPKM Darurat.

Presiden Jokowi bisa saja melonggarkan aturan PPKM Darurat, namun jika kasus Covid-19 sudah melandai.

Aturan PPKM saat ini diterapkan Presiden Jokowi lantaran kasus Covid-19 masih tinggi dan risiko penularan masih tinggi.

Presiden Jokowi khawatir jika nantinya aturan PPKM Darurat dilonggarkan, fasilitas kesehtan tidak akan menampung pasien.

Bayangkan kalau pembatasan ini dilonggarkan, kemudian kasusnya naik lagi, dan kemudian rumah sakit tidak mampu menampung pasien-pasien yang ada, ungkapnya.

Ini juga akan menyebabkan fasilitas kesehatan kita menjadi kolaps, hati-hati juga dengan ini, kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga menegaskan pentingnya kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker dan menjaga jarak.

Menurutnya, dua hal itu menjadi kunci utama menyelesaikan pandemi Covid-19, selain program vaksinasi yang sudah berjalan sejak awal tahun 2021.

Oleh sebab itu, saya minta kepada gubernur, bupati, dan walikota yang didukung oleh jajaran Forkopimda, betul-betul fokus dan bertanggung jawab terhadap semua ini. Pemerintah pusat akan memberikan dukungan, lanjutnya.

Selain mengingatkan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan, masyarakat juga perlu diedukasi tentang cara deteksi dini saat mereka terpapar Covid-19.

Presiden Jokowi mengatakan bagaimana masyarakat perlu mendapat arahan ke mana mereka harus berkonsultasi dengan dokter, hingga bagaimana cara memperoleh obat. ***

Artikel Asli