Ketika Anies Jadi Imam Sholat Idul Adha dan Anaknya Jadi Khatib

okezone | Nasional | Published at 20/07/2021 14:31
Ketika Anies Jadi Imam Sholat Idul Adha dan Anaknya Jadi Khatib

JAKARTA - Hari Raya Idul Adha 1442 H pada Selasa (20/7/2021) kembali harus diselenggarakan tanpa riuh masyarakat. Hal tersebut terjadi karena masih maraknya kasus aktif virus Covid-19 di Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak menampik bahwa Idul Adha kali ini bukanlah perayaan hari raya yang seperti biasanya. Dia mencontohkan munculnya gambar-gambar yang terpampang dari Tanah Suci.

Makkah sepi, Arafah terbatas, haji terasa jauh. Rombongan berpeci tak nampak, jamaah berbahasa Indonesia tak terlihat. Haji tahun ini masih lengang, ujarnya

Namun, Anies memaknai momen tersebut sebagai hikmah peristiwa lain. Di tengah pandemi virus Covid-19, Anies menganggap makna perayaan Idul Adha kali ini yakni mendekatkan diri bersama keluarga.

Pandemi ini seakan mengarahkan kita semua untuk lebih menyadari unsur keluarga dalam Idul Adha. Tahun ini, keluarga-keluarga laksanakan Sholat Idul Adha di rumah, tulis @aniesbaswedan dalam unggahan Instagramnya, Selasa 20 Juli 2021.

Berdasarkan unggahan tersebut terlihat, Anies bersama keluarganya menyelenggarakan Sholat Idul Adha pada kediamannya. Dia pun mengatakan dalam pelaksanaan sholat tersebut masing-masing keluarga mendapatkan peran.

Begitu juga dengan kami sekeluarga, ayah jadi Imam Sholat Id, anak jadi khatib. Jika tidak ada pandemi, barangkali kita tidak memainkan peran-peran ini di rumah-rumah kita, lanjutnya

Artikel Asli