Sinopsis film Kabhi Eid Kabhi Diwali, cerita satu keluarga tiga agama

brilio.net | Nasional | Published at 20/07/2021 14:30
Sinopsis film Kabhi Eid Kabhi Diwali, cerita satu keluarga tiga agama

Brilio.net - India merupakan salah satu negara terpadat di dunia dan agama sering kali menjadi isu sensitif. Selain itu, isu ketegangan antara India dan Pakistan pun masih banyak menjadi isu para kreator film di India. Oleh karena itu, film-film yang mengangkat kedua isu tersebut sering kali menimbulkan pro dan kontra.

Salah satu film Bollywood yang akan tayang salah satunya adalah Kabhi Eid Kabhi Diwali yang dibintangi oleh Salman Khan. Dalam film ini, Salman Khan berperan sebagai Bhaijaan, seorang kakak yang tak kunjung menikah, sementara dua adiknya sudah siap dengan pasangannya masing-masing.

foto: YouTube/Bollygrad Studioz

Dalam beberapa tradisi di India, saudara yang lebih muda tidak boleh menikah jika saudara tertua mereka belum menikah. Oleh karena itu, saat Bhaijaan bertemu Pooja yang diperankan oleh Pooja Hegde, kedua saudaranya itu pun bisa bernapas lega.

Salah satu yang menonjol dari film ini adalah komposisi dalam keluarga Bhaijaan. Ayahnya adalah seorang muslim yang taat, sementara ibunya adalah seorang Hindu.

Selain itu, Bibi Helen beragama Katolik yang tak lain adalah istri kedua ayahnya. Bhaijaan dalam film ini digambarkan sebagai seseorang yang lahir dan tumbuh dalam tiga tradisi agama dalam satu rumah.

foto: YouTube/Bollygrad Studioz

Oleh karena itu, film ini menghadirkan dua hari raya yang sering menjadi perayaan besar di India, yakni perayaan Idulfitri bagi umat muslim dan Diwali bagi umat Hindu India. Sementara itu, perayaan umat Katolik tidak begitu ditampilkan dalam film ini, selain saat Bibi Helen pergi ke gereja.

Film ini mencoba untuk menghadirkan suasana Idulfitri dan Diwali sebagai sebuah perayaan yang dihargai sebagai semangat kemanusiaan. Oleh karenanya, film ini menjadi penghormatan Salman Khan kepada persatuan dan persaudaraan di tengah kondisi ketegangan antar umat beragama di India.

Film ini pun menjadi salah satu film yang membahas hubungan persahabatan antara Hindu dan Islam.

foto: YouTube/Bollygrad Studioz

Menyikapi hal tersebut, seperti dilansir dari Bollywoodhungama, Sajid Nadiadwala, produser sekaligus penulis naskah film ini mengatakan bahwa ia akan mengganti judul Kabhi Eid Kabhi Diwali menjadi Bhaijaan. Judul awal dianggapnya bisa melahirkan kontroversi di tengah masyarakat India.

Walaupun begitu, perubahan judul film tidak akan mengubah tema besar film yang sudah syuting pada September 2020 ini. Jika judul pertama terkesan seperti mencampurkan dua perayaan dua agama, sementara judul kedua berfokus pada kehidupan tokoh Bhaijaan.

Film ini awalnya akan dirilis pada Idulfitri 2021. Namun, karena ada perubahan judul tersebut, pengerjaan film ini pun mengalami penundaan sampai Agustus 2021.

*

Detail film

Sutradara: Farhad Samji
Penulis skenario: Sajid Nadiadwala
Bintang: Salman Khan dan Pooja Hegde
Tanggal rilis: Agustus 2021
Bahasa: Hindi
Negara: India

 

Artikel Asli