Hari Raya Idul Adha, 98 Hewan Kurban Disembelih di RPH Surabaya

jawapos | Nasional | Published at 20/07/2021 13:58
Hari Raya Idul Adha, 98 Hewan Kurban Disembelih di RPH Surabaya

JawaPos.com Banyak hal berbeda dari perayaan Idul Adha 1442 H pada Selasa (20/7). Pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, penyembelihan hewan kurban dipusatkan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surabaya.

Penyembelihan hewan kurban yang biasa dilakukan di masjid-masjid maupun kampung diupayakan untuk dilakukan di RPH Surabaya di Jalan Pegirian. Plt Kepala RPH Surabaya M. Faiz mencatat, hari ini (20/7), terdapat 68 sapi dan 30 kambing yang disembelih.

Kita data sebelumnya, jadi masyarakat bawa kambing langsung didata, sementara 30-an tadi, tutur Faiz.

Jumlah itu menurut Faiz memang terbatas. Sebab, pihaknya berharap tidak ada kerumunan di RPH. Bila pemotongan sapi dan kambing banyak dilakukan dalam satu hari, warga yang menitipkan hewan kurbannya akan menumpuk.

Memang kita batasi prokesnya. Hari ini (20/7) ada 68 sapi dan 30 kambing. Itu pun dilakukan dari pukul 7 pagi, jelas Faiz.

Dari pantauan JawaPos.com , sejak pukul 10.00, puluhan hewan kurban masih mengantre untuk disembelih. Sementara puluhan warga mengantre dan menunggu hewan kurbannya disembelih.

Besok (21/7) akan kami lanjutkan lagi, terang Faiz.

Untuk penyembelihan pada Rabu (21/7), pihaknya berencana menyembelih sebanyak 82 sapi. Jumlah itu lebih banyak dari hari ini.

Karena jam potongnya lebih awal. Dari jam 5 pagi. Targetnya Jam 1 atau jam 2 selesai, ucap Faiz.

Salah satu warga Bobby Yulianto, 37, dari Perak memilih untuk menitipkan penyembelihan hewan kurban di RPH. Sapi atas nama keluarga itu dititipkan sejak seminggu lalu.

Imbauan dari kampung dan RW untuk titip (hewan kurban) di sini. Saya juga baca di medsos dan grup WhatsApp , kata Bobby.

Bobby menunggu bersama keluarganya sejak pukul 11.00. Dia mengaku senang dengan pelayanan RPH.

Tadi lihat proses penyembelihannya di CCTV. Di sini (yang menyembelih) sudah berpengalaman. Saya percaya, ujar Bobby.

Artikel Asli