Telanjur Kebanyakan Makan Daging Kurban, Lakukan 7 Tindakan Ini

ayosemarang | Nasional | Published at 20/07/2021 14:05
Telanjur Kebanyakan Makan Daging Kurban, Lakukan 7 Tindakan Ini

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Iduladha adalah momen istimewa bagi umat muslim. Pada hari tersebut, semua orang bisa menikmati daging kurban dari orang-orang yang lebih mampu.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah jika Anda tidak memperhatikan porsi makan daging kurban selama Iduladha, maka dapat dengan mudah memicu berbagai masalah kesehatan.

Melansir dari Yajny, berikut tujuh tips agar tetap sehat selama pesta daging kurban di Iduladha, antara lain:

1. Hindari Daging Goreng

Jika Anda berencana makan daging di hari raya ini, cobalah memakannya dalam bentuk rebus atau panggang dan hindari daging goreng. Daging yang digoreng meningkatkan kalori dan lemak jenuh dalam asupan makanan harian Anda.

2. Jalan-jalan setelah makan

Ahli gizi dan dokter menyarankan bahwa seseorang harus menyelesaikan makan terakhir dua jam sebelum tidur. Setelah makan, Anda dapat berjalan-jalan selama sekitar 30 menit untuk memastikan bahwa Anda telah mencerna makanan Anda sebelum tidur.

3. Minum Teh Hijau

Cobalah minum segelas jus lemon atau teh hijau setelah makan untuk membantu mendukung tingkat metabolisme Anda. Anda juga bisa minum teh merah, tetapi tetap harus bebas gula.

4. Hindari Minuman Bersoda

Penelitian telah menunjukkan bahwa minuman ringan memiliki efek yang sangat berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan seperti obesitas. Jadi hindari minum minuman ringan pada hari Idul Adha dan cobalah menggantinya dengan jus buah segar.

5. Jarak makan minimal 6 jam

Penelitian telah menunjukkan bahwa jeda antara dua kali makan berturut-turut harus setidaknya 6 jam, terutama pada hari-hari Idul Adha untuk memberikan perut istirahat dan waktu yang cukup untuk mencerna.

6. Makan Sayuran

Tambahkan sayuran yang mengisi perut dan membuat Anda merasa ringan serta energik, seperti kol, selada, tomat, wortel, bayam.

7. Buah-buahan

Selain kaya serat dan akan membantu Anda kenyang lebih lama, buah juga membantu memuaskan keinginan kita akan gula dengan alternatif yang lebih sehat. Namun, pastikan untuk tidak makan berlebihan buah-buahan seperti mangga, buah ara, dan anggur karena penuh kalori.

Artikel Asli