Komisi III DPR Sesalkan Karutan Depok Ditangkap Karena Narkoba

rmol.id | Nasional | Published at 20/07/2021 13:19
Komisi III DPR Sesalkan Karutan Depok Ditangkap Karena Narkoba

RMOL.Dugaan penyalahgunaan narkoba oleh salah seorang pejabat penegak hukum berhasil dibongkar petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat.

Anggota Satresnarkoba Polrestro Jakarta Barat meringkus Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Depok, Jawa Barat, Anton di kawasan Slipi pada Jumat dini hari (25/6).

Kabar penangkapan Karutan Depok ini pun disesalkan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh.

"Saya selaku Wakil Ketua Komisi III sangat terkejut dan sangat menyesalkan kejadian ini," ujar Pangeran saat dihubungi wartawan, Selasa (20/7).

Bagi legislator PAN ini, Karutan Depok seharusnya menjadi pengawas dan pembina narapidana, sehingga tidak patut melakukan pelanggaran hukum.

"Karutan yang seyogyanya mengawasi peredaran narkoba dan membina para narapidana justru melakukan perbuatan yang bertentangan dengan tugasnya tersebut," sesalnya.

Maka dari itu, Pangeran menegaskan bahwa operasi Kepolisian yang ebrhasil mengungkap dugaan penyalahgunaan narkoba oleh Karutan Depok sudah tepat.

"Sehingga pelanggaran ini adalah perbuatan yang keterlaluan dan tindakan sangat tercela," pungkasnya.

Saat menangkap Anton, polisi menyita barang bukti satu paket sabu-sabu seberat 0,52 gram, satu buah alat hisap sabu berupa cangklong, empat butir obat Aprazolam, dan satu unit telepon seluler.

Selain Anton, polisi juga menangkap M yang diduga memasok narkoba kepada Anton. Anton mengenal tersangka M saat menghuni lembaga pemasyarakatan pada 2009. []

Artikel Asli