Ganti Kresek Pakai Bakul, IJTI Kalsel Berbagai Daging Kurban di Masa Pandemi

apahabar.com | Nasional | Published at 20/07/2021 13:18
Ganti Kresek Pakai Bakul, IJTI Kalsel Berbagai Daging Kurban di Masa Pandemi

apahabar.com , BANJARMASIN Kota Banjarmasin punya Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 18 Tahun 2016. Isinya tentang pengurangan kantong plastik.

Di momen Iduladha 2021 penggunaan kresek kerap meningkat. Seiring penggunaan kresek untuk membungkus daging kurban yang dibagikan kepada masyarakat.

Nah, di momen Iduladha 1442 Hijriah ini, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Kalimantan Selatan tak mau ketinggalan mengkampanyekan program pemerintah tersebut.

Ratusan bungkusan paket daging kurban yang dibagikan IJTI Kalsel diganti menggunakan kantong ramah lingkungan, berupa bakul purun (tas anyaman purun).

Ketua IJTI Kalsel, Dina Qomariah mengatakan, penggunaan bakul purun sebagai bungkus daging kurban tak lain agar bisa meminimalisir penggunaan kresek.

Dimana ujar Dina seperti diketahui, penggunaan kresek yang berlebihan dapat mencemari lingkungan.

Selain itu, menggunakan bakul purun juga dapat membantu peningkatan perekonomian para pengrajin di masa pandemi Covid-19.

Jadi kami mengganti plastik dengan bakul purun untuk mendukung program pemerintah, ujar Dina di sela acara penyembelihan hewan kurban di Gang TVRI RT 25, Jalan Ahmad Yani KM 6, Pemurus Luar, Banjarmasin Selatan, Selasa (20/7).

Di samping itu yang tak kalah penting kata Dina, di momen Idul Adha kali ini IJTI Kalsel sengaja mencoba berbagai kepada masyarakat, khususnya di Gang TVRI.

Sedikitnya ada 200 paket daging kurban yang dibagikan organisasi jurnalis televisi tersebut. Dimana proses penyembelihan hingga pembagian daging kurban dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Dijelaskannya, IJTI Kalsel sengaja menyasar warga di Gang TVRI, mengingat di wilayah tersebut juga banyak ekonomi masyarakatnya yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

Tahun ini satu ekor sapi yang dikurbankan, kerjasama antara IJTI Kalsel dan PT Arutmin. Harapan kedepan program serupa bisa berkelanjutan dan bisa membantu yang membutuhkan, imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RT 25 Gang TVRI, Rosalin Dewi mengucapkan terimakasih atas hewan kurban yang diberikan.

Bagi Rosalina dengan adanya pembagian kurban tersebut tentu dapat menambah kegembiraan warganya dalam merayakan lebaran Iduladha kali ini.

Alhamdulillah terimakasih banyak kami ucapkan. Harapannya tahun depan ada lagi. Bagi warga di sini IJTI sudah dianggap keluarga sendiri, katanya.

Artikel Asli