Anies: Idul Adha Tahun ini Terasa Lebih Berat

republika | Nasional | Published at 20/07/2021 12:46
Anies: Idul Adha Tahun ini Terasa Lebih Berat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah kepada warga Jakarta. Anies mengakui, Idul Adha tahun ini terasa lebih berat dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun ini kembali kita merayakan Idul Adha dalam suasana pandemi yang malah lebih berat dari tahun lalu," kata Anies dalam video yang diunggah akun Instagram resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Selasa (20/7).

Anies menyadari, semua umat muslim pasti merasa kecewa karena tidak bisa merayakan Idul Adha dalam suasana meriah. Bahkan, sebagian di antaranya terpaksa mengundur rencana ibadah haji yang sudah didambakan sejak lama.

Anies mengaku memahami dan merasakan beratnya pengorbanan yang harus dilakukan umat muslim tersebut. Oleh karenanya, ia mengapresiasi warga yang telah membantu menyelamatkan nyawa manusia dengan cara mengurangi mobilitas, menaati protokol kesehatan, dan mengikuti vaksinasi.

"Dan juga (mengapresiasi) warga yang ikut membantu saudara-saudaranya yang sedang membutuhkan, yang sedang dalam kesulitan," ujarnya.

Pada Idul Adha tahun ini, Jakarta sedang dilanda gelombang kedua Covid-19. Kasus harian melonjak di kisaran 10 ribu per hari, jauh lebih tinggi dibanding tahun lalu. Puluhan bahkan ratusan orang meninggal setiap harinya. Aktivitas masyarakat pun dibatasi secara ketat guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

Artikel Asli