Taqwa Adalah Obat Segala Penyakit

acehsatu.com | Nasional | Published at 20/07/2021 11:53
Taqwa Adalah Obat Segala Penyakit

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR - Drs Tgk. Saifuddin, Kepala KUA Kecamatan Kutaraja Banda Aceh, bertindak sebagai khatib shalat Idul Adha 1442 H, di Masjid Babul Maghfirah Gampong Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Selasa, (20/7).

"Ibadah kurban mengajarkan hikmah yang sangat luar biasa tentang ajaran Nabi Ibrahim dan Ismail as bagi umat Muhammad Saw." Demikian ungkap Tgk Saifuddin dalam khutbahnya di hadapan jamaah masjid Gampong Tanjung Selamat.

Kurban adalah bentuk ibadah yang berfungsi untuk mengikis sifat bakhil (kikir) yang terdapat dalam diri manusia agar menjadi manusia yang peka terhadap kondisi di sekitarnya terutama terhadap kaum dhuafa dan fakir miskin.

Dengan berkurban berarti kita telah menjalankan perintah Allah SWT dan mengamalkan ajaran Rasulullah Saw sebagaimana tercantum dalam surat Al-Kautsar.

Tgk Saifuddin mengatakan, "dalam konteks ini Allah SWT tidak banyak yang Dia minta kepada kita, hanya dua hal saja. Hal itu sebagaimana termaktub dalam surat Al-Kautsar,"

"Apa itu? Yaitu shalat dan berkurban", katanya.

Oleh karena itu maka shalat kita sebagaimana shalat nya Rasullullah. Karena shalat adalah kunci surga. Shalat adalah segalanya sebelum amal-amal yang lain. Maka lakukan karena Allah.

Dalam berbuat kebaikan selalu ada rintangan, bahkan Nabi Ibrahim as ketika akan menyembelih anaknya Ismail sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah, iblis tak henti-hentinya menggoda mereka.

Namun karena kecintaan Ibrahim terhadap Allah lebih besar daripada anaknya (baca: dunia), maka Iblis pun dapat dikalahkan. Padahal Ibrahim juga sangat sayang pada anak semata wayangnya Ismail. Hingga Allah menyelamatkan Ismail dan menggantinya dengan seekor kibas.

Kerelaan keluarga Ibrahim tersebut merupakan bukti bahwa dengan menempatkan Allah di atas segalanya, maka berbagai masalah pun selalu mendapatkan solusi yang terbaik.

Allah berfirman:

"Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

Melalui ketakwaan kepada Allah maka segala penyakit akan ada obat terbaik yang datangnya dari sang Maha Penyembuh.

Nah kurban adalah salah satu Ibadah yang dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Tunaikan ibadah ini dengan penuh ikhlas, semata-mata mengharapkan keridhaan Nya. (*)

Artikel Asli