Khutbah Wukuf Haji: Jangan Bepergian ke Daerah Wabah

republika | Nasional | Published at 20/07/2021 11:45
Khutbah Wukuf Haji: Jangan Bepergian ke Daerah Wabah

IHRAM.CO.ID,ARAFAH -- Salah satu mufti masjid agung, Sheikh Bandar Baleela, menyampaikan khutbah haji, Senin (19/7). Dalam khutbahnya, ia mengingatkan umat Muslim agar tidak bepergian ke daerah yang sedang terkena wabah.

Wahai orang-orang beriman, bertakwalah kepada Allah, itu akan memberi Anda kesuksesan di dunia dan akhirat. Allah SWT selalu memberi perintah untuk berbuat adil dan berbuat baik, kata Syekh Baleela dalam khotbahnya, dikutip di Samaa , Selasa (20/7).

Nabi Muhammad SAW telah menginstruksikan pengikutnya untuk berdoa, seolah-olah mereka dapat melihat Allah atau yakin bahwa Dia mengawasi mereka. Namaz (ibadah) dipersembahkan untuk Allah SWT dan orang-orang hanya boleh menyembah Dia. Masjid hanya untuk Allah SWT dan tidak ada yang lain yang harus disembah di sana.

Tak hanya itu, ja juga menyebut seorang Muslim juga harus beriman kepada malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para nabi-Nya, pada Hari Pembalasan, serta takdir. Segala sesuatu yang baik atau buruk berasal dari Allah SWT, baik di kehidupan ini dan di akhirat.

Syekh Baleela mengingatkan Allah SWT telah memerintahkan manusia untuk berbuat baik dengan orang lain. Alquran mengatakan, "bersikap baik kepada orang lain seperti Allah SWT telah bersamamu".

"Berbuat baiklah kepada orang tua, tetangga. Dalam urusan kolektif, keluarga, urusan ekonomi, bersikap baik. Laki-laki harus baik kepada istrinya dan istri harus baik kepada suaminya. Quran mengatakan perlakukan istrimu dengan baik. Jika kamu baik hati dan bertakwa kepada Allah, Dia akan mengetahui urusanmu," lanjutnya.

Ia mengingatkan agar setiap manusia berbuat baik kepada yang lebih tua dan anak yatim. Jangan sampai menyalahgunakan harta anak yatim. Allah telah memerintahkan umat-Nya untuk bersikap baik dan setia kepada anak yatim.

Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang beriman, penuhi komitmen Anda dan jangan mempersulit orang".

Untuk membuat masyarakat sejahtera, sangat penting untuk bersikap adil dalam masalah keuangan. Semua hal yang menyangkut perlindungan hak-hak orang lain sangat penting bagi suatu masyarakat.

Muslim diminta untuk jangan melakukan apa pun yang akan memicu konflik dan pemberontakan. Allah SWT mengutuk keras orang-orang yang menyebarkan kerusakan, menjadi penghalang perdamaian, baik dalam masalah Muslim atau non-Muslim.

Sheikh Baleela berkata Allah SWT juga telah memerintahkan untuk saling memaafkan. Bahkan, jika memiliki rasa permusuhan dengan seseorang, maafkan mereka, kasihanilah mereka.

Allah SWT berfirman, tidak perlu jika beberapa orang berbuat salah ditanggapi dengan buruk. Hal ini baiknya ditanggapi dengan baik.

Dalam masalah keuangan, Allah telah memerintahkan untuk memberi manfaat bagi manusia dan menyelamatkan mereka dari kerugian. Allah mengatakan bahkan jika berbicara dengan orang lain, berbicaralah dengan sopan.

"Setan akan selalu mencoba membuat konflik di antara orang-orang, dia adalah musuhmu. Ajaklah manusia ke jalan Allah dengan akal. Bersikap baik bahkan ketika Anda harus berdebat dengan orang lain. Jika seseorang mengatakan Salam, tanggapi dengan cara yang lebih baik lagi," kata dia.

Artikel Asli