Tambah Lagi, Asrama Haji Embarkasi Kini Dijadikan RS Darurat Covid-19

jawapos | Nasional | Published at 20/07/2021 09:46
Tambah Lagi, Asrama Haji Embarkasi Kini Dijadikan RS Darurat Covid-19

JawaPos.com Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sejak awal telah mengizinkan penggunaan asrama haji untuk memperkuat layanan kesehatan di masa pandemi. Sebelumnya, Asrama Haji Pondok Gede juga telah difungsikan untuk penanganan Covid-19.

Salaj satu fasilitas yang difungsikan untuk rumah sakit darurat Covid-19 adalah Rumas Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) Ekstensi Arafah Asrama Haji Embarkasi. Menag mengharapkan fasilitas ini dapat membantu pasien menjadi tempat isolasi mandiri bagi penyintas Covid 19 yang belakangan semakin meningkat jumlahnya.

Sebagai catatan, bahwa jumlah asrama haji yang disiapkan untuk penanganan Covid 19 sebanyak 25 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, ungkap Yaqut melalui keterangannya, Selasa (20/7).

Tentu, pengelolaan model asrama haji Jakarta ini dapat direplikasi di daerah-daerah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, sambungnya.

Pihaknya pun juga telah mengerahkan seluruh kekuatan untuk berkontribusi dalam penanganan wabah Covid-19 melalui berbagai kebijakan. Misalnya, menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadat semua agama yang berada pada zona Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kementerian Agama telah menggerakkan seluruh pejabat dan ASN untuk menyosialisasikan Surat Edaran itu kepada seluruh stakeholder. Bahkan para penyuluh agama telah menjadi garda terdepan dalam sosialisasi prokes kepada umat beragama dan sebagian dari mereka terlibat aktif dalam pemulasaraan jenazah Covid-19, lugasnya.

Baca Juga: Ini Sanksi Pidana Bagi Pelanggar PPKM Darurat

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada para nakes yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Saya yakin rumah sakit ini akan sangat bermanfaat dan sangat membantu kondisi negara kita. Saya sampaikan apresiasi semua perjuangan para menteri dalam mengagas program ini, ucap Luhut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dalam sambutannya mengatakan kerjasama yang dijalin dalam mewujudkan rumah sakit ini tidak akan sia-sia. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang tidak henti-hentinya bekerja, berpikir, dan berjuang untuk menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita, tutur Erick.

Artikel Asli