Heboh Film Sci-fi "The Tomorrow War" yang Tampilkan Mantan Presiden SBY, Berikut Sinopsisnya

jatimtimes.com | Nasional | Published at 20/07/2021 09:22
Heboh Film Sci-fi "The Tomorrow War" yang Tampilkan Mantan Presiden SBY, Berikut Sinopsisnya

INDONESIATIMES - Film The Tomorrow War saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Hal itu disebabkan dalam film tersebut menampilkan sosok Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Bahkan, merespons hal itu Partai Demokrat mengklaim SBY dirindukan dunia. Film bergenre Science Fiction (Sci-Fi) atau fiksi ilmiah ini mengisahkan tentang pertarungan melawan alien yang menginvasi bumi di masa depan.

Seketika 1 pasukan dari tahun 2051 datang ke tahun 2022 untuk merekrut orang-orang yang siap melawan alien. Mantan tentara yang kini menjadi guru biologi, Daniel Forester (Chris Pratt), menjadi salah 1 orang yang berangkat ke masa depan.

Meski sempat dilarang sang istri dan anaknya, ia tetap berangkat ke masa depan demi menyelamatkan bumi. Selain memperlihatkan perekrutan anggota, film ini juga menampilkan pertemuan antar kepala negara di tahun 2022.

Dalam cuplikan film tersebut tampak SBY yang menjadi salah 1 kepala negara dalam pertemuan tersebut. Daniel melewati serangkaian proses sebelum dikirim ke tahun 2051 bersama orang lain.

Salah satunya yakni perangkat pada lengan yang membuatnya bisa melakukan perjalanan waktu dari dan ke masa depan. Ia mulai mempelajari situasi dan kondisi setelah tiba di tahun 2051.

Ia juga bertemu dengan kakaknya, Muri Forester, yang merupakan komandan lapangan sekaligus ilmuwan militer untuk mengetahui makhluk alien yang akan ia lawan. Daniel ditempatkan pada sebuah tim bersama anggota pasukan lain untuk memulai serangan terhadap makhluk alien.

Dua di antaranya ialah Charlie yang tidak memiliki pengalaman perang dan pengidap kanker yang sudah tiga kali ke masa depan bernama Dorian. Mereka lantas bersama-sama ditugaskan untuk melawan alien di pantai Miami.

Misi itu pun berubah menjadi bencana saat mayoritas anggota yang ditugaskan meninggal. Hanya sedikit yang selamat, di antaranya ialah Dan, Charlie, dan Dorian.

Meski sulit, Dan tetap berusaha untuk melawan alien sebanyak mungkin demi meraih kemenangan. Ia ingin menyelamatkan bumi dan keluarganya agar bisa terus hidup di masa mendatang.

The Tomorrow War disutradarai oleh Chris McKay yang sebelumnya menyutradarai The Lego Batman Movie (2017). Film ini rilis melalui layanan streaming Amazon Prime Video pada 2 Juli lalu.

Film The Tomorrow War ini mengambil momen saat SBY bertemu dengan mantan Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown. Peristiwa itu terjadi pada 31 Maret 2009 di sela-sela forum G-20 di London.

Respons Partai Demokrat

Menanggapi hal ini, Partai Demokrat (PD) menyatakan kemunculan sosok SBY dalam film Hollywood berjudul The Tomorrow War merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap Indonesia, terutama SBY dalam menjaga perdamaian dunia.
Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menyebut bahwa SBY digambarkan sebagai tokoh protagonis meski hanya sekilas muncul dalam film tersebut.

"Di sini sebagai salah satu bentuk pengakuan kepada Indonesia, khususnya kepada Bapak Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, sebagai salah satu pemimpin di dunia yang ketika menjabat ikut berperan aktif dalam menjaga dan mempromosikan perdamaian maupun ketertiban dunia, sesuai dengan amanat Konstitusi," katanya lewat siaran pers, Minggu (18/7/2021).

Herzaky juga mengatakan ada kemungkinan dunia internasional rindu dengan sosok SBY di tengah situasi krisis seperti saat ini akibat pandemi virus corona (Covid-19). "Untuk ikut terlibat aktif dan memberikan masukan-masukan," katanya.

Selain itu, politikus Partai Demokrat yang juga mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menduga sutradara film The Tomorrow War terkesan pada SBY saat menjabat sebagai presiden dulu.

"Apapun, bangga juga melihat sosok (mantan) presiden negara kita ditayangkan sebagai bagian dari pemimpin dunia yang bersatu melawan alien dalam film Hollywood yang menarik," kata dia lewat akun Instagram pribadinya.

Artikel Asli