Wapres Sholat Idul Adha di Rumah Dinas

republika | Nasional | Published at 20/07/2021 08:01
Wapres Sholat Idul Adha di Rumah Dinas

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan Sholat Idul Adha 1442 Hijriah di kediaman resmi wapres, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Selasa (20/4). Wapres juga menjadi imam sholat Id dengan jamaah terbatas, yakni Ibu Hj. Wury Maruf Amin dan perangkat Paspampres.

Dalam rilis yang disampaikan Sekretaris Wakil Presiden, sholat Id yang digelar di Pendopo Rumah Dinas itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menjaga jarak. Sebagai khotib usai pelaksanaan sholat Idul Adha adalah Direktur Utama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Majelis Ulama Indonesia Aminudin Yakub.

Wapres sebelumnya berkali-kali mengimbau kepada umat Islam khususnya yang berada dalam wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk melaksanakan sholat Idul Adha di rumah masing-masing. Sebab, Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H/20 Juli 2021 masih dalam suasana pandemi Covid-19, bahkan di tengah kenaikan jumlah kasus di tanah air yang cukup signifikan.

Pelaksanaan sholat di rumah masing-masing untuk menghindari klaster penularan baru yang akan meningkatkan jumlah kasus, juga untuk melindungi umat dari bahaya Covid-19. "Kami ajak masyarakat untuk mematuhi, mengikuti ajakan pemerintah, termasuk juga saya minta nanti sesuai dengan ketentuan, jangan melakukan kerumunan termasuk salah satunya yaitu melakukan sholat Idul Adha baik di masjid maupun di luar masjid, sampai keadaan nanti sudah memungkinkan lagi" kata wapres.

Selain itu, wapres juga mengimbau agar pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan atau lokasi lain yang aman. Namun jika lokasi terbatas maka pelaksanaan kurban harus dilakukan dengan protokol kesehatan, mulai penyembelihan hewan hingga pembagian daging kurban dengan tidak menimbulkan kerumunan. Ini merupakan upaya untuk melindungi umat dari penyebaran virus Covid-19.

Tahun ini, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menyalurkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini. Hewan kurban yang diberikan Ma'ruf adalah jenis sapi Limousin Cross yang telah diserahkan kepada panitia kurban Masjid Istiqlal pada Senin pagi (19/7).

Artikel Asli