Mengaku dari Kemensos, Pria Lulusan Sarjana Komputer Ini Menipu hingga Miliaran Rupiah

ayosemarang | Nasional | Published at 20/07/2021 06:51
Mengaku dari Kemensos, Pria Lulusan Sarjana Komputer Ini Menipu hingga Miliaran Rupiah

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap pelaku berinisial RR yang melakukan penipuan dengan modus mengaku dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Dari aksi kejahatannya itu, RR mampu meraup uang dari hasil menipu hingga miliaran rupiah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan RR melakukan penipuan seolah-seolah dari Kemensos menyalurkan bantuan Rp300 ribu kepada warga yang berdampak penerapan PPKM.

RR yang merupakan seorang sarjana komputer beraksi sejak bulan November 2020 lalu dengan meraup kentungan Rp1,5 miliar.

Pelaku adalah sarjana komputer dan memiliki keahlian seperti ini, ujarnya, Senin 19 Juli 2021.

Yusri menjelaskan, dalam melakukan aksinya, RR memasang dan membuat situs dengan mencatut Kemensos. Dalam situsnya, RR menulis keterangan bahwa warga akan menerima bantuan uang Rp300 ribu selama pandemi Covid-19 dan PPMK.

Jadi isinya sangat banyak lewat pesan berantai untuk mendapatkan bansos Rp300 ribu, dengan cara masuk lalu di dalamnya nanti ada banyak pertanyaan yang berisi bantuan yang subscribe akun pelaku RR, jelasnya.

RR memasang akun lebih dari satu. Dampaknya, banyak perusahaan yang memasang iklan kepada RR.

Keuntungan memasang iklan di website minimal 2 iklan, dari dua iklan bisa dapat Rp200 juta, sejak bulan November 2020 hingga sekarang ini sudah Rp1,5 miliar, tuturnya.

Mengetahui hal tersebut, Kementerian Sosial langsung melaporkan aksi RR ke Polda Metro Jaya.

Teman-teman di Kemensos lalu melaporkan ke kita karena merasa tidak melakukan hal tersebut. Lalu kita melakukan penyelidikan dan pelaku kami lakukan penangkapan, jelasnya.( Fichri Hakiim )

Artikel Asli