Merencanakan Akomodasi Terbaik Sesuai Kebutuhan

republika | Nasional | Published at 20/07/2021 02:57
Merencanakan Akomodasi Terbaik Sesuai Kebutuhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berlibur mungkin merupakan sesuatu yang sukar diwujudkan di tengah kondisi saat ini, tapi bukan berarti tidak bisa direncanakan. Salah satu elemen penting dalam pelesir adalah memilih akomodasi sesuai kebutuhan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan calon pelancong sebelum memilih penginapan yang tepat. Mulai dari lokasi yang strategis, harga, kelengkapan fasilitas, kenyamanan, atau akses transportasi di sekitar tempat menginap.

Wisatawan pun bisa memilih beberapa akomodasi, mulai dari hotel, motel, B&B, hostel, dan tempat perkemahan yang masing-masing punya kelebihan. Berikut penjelasan dari setiap opsi, dikutip dari laman Luxury Travel Magazine .

- Hotel
Hotel lazimnya menawarkan banyak fasilitas dan terletak di tengah kota, namun sisi negatifnya adalah harga yang relatif tinggi. Jika mencari akomodasi murah, keputusan terbaik adalah mencari opsi tempat menginap lain.

- Motel
Motel lebih kecil daripada hotel dengan fasilitas lebih sedikit, sebab tarifnya rata-rata memang lebih rendah. Sebelum memilih, perhatikan apakah motel disewakan per malam atau hanya per jam.

- B&B
Bed & Breakfast alias B&B adalah pilihan yang baik bagi yang mencari akomodasi bergaya rumahan dengan harga murah. Kekurangannya, pemilik akomodasi ada di dekat tamu sehingga sebagian orang merasa canggung.

- Hostel
Akomodasi ini sangat murah, namun biasanya kurang berjarak dengan wisatawan lain. Akibatnya, tingkat kebisingan dapat lebih tinggi. Hostel cocok untuk orang yang ingin bertemu banyak orang selama perjalanan.

- Perkemahan
Berkemah adalah cara yang bagus untuk menghemat uang saat berlibur dan menjauh dari gemerlap perkotaan, sehingga pilihan ini cocok bagi orang yang ingin menyatu dengan alam. Opsi lain adalah menyewa RV atau trailer.

Artikel Asli