Covid-19 Tengah Melonjak, Inggris Dilanda Wabah Norovirus

republika | Nasional | Published at 20/07/2021 02:00
Covid-19 Tengah Melonjak, Inggris Dilanda Wabah Norovirus

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Di saat tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19, Inggris kini juga berjuang melawan penyakit menular lain, yakni Norovirus. Tercatat, ada lebih dari 150 kasus Norovirus sejak Mei.

Kasusnya meningkat tiga kali lipat untuk periode yang sama selama dalam lima tahun terakhir. Norovirus memiliki gejala seperti mual yang muncul tiba-tiba, muntah, dan diare. Ada juga yang merasakan suhu badan tinggi, sakit perut, dan anggota badan yang sakit.

Virus ini biasanya menyerang di bulan-bulan musim dingin. Ketika pembatasan yang diberlakukan karena pandemi Covid-19 dicabut, kemungkinan orang akan lebih banyak bergaul dengan orang lain sehingga peluang penularan Norovirus pun menjadi lebih besar.

Norovirus memiliki sifat yang brutal dan sangat menular. Sebagian besar infeksi terjadi melalui kontak dengan orang yang terpapar, melalui droplet , atau menelan makanan dan air yang terkontaminasi.

Masa inkubasi
Masa inkubasi rata-rata untuk norovirus adalah 12 hingga 48 jam, dengan periode rata-rata sekitar 33 jam. Gejala yang biasa timbul adalah muntah tiba-tiba, keram perut, yang hilang dalam dua hari.

Artikel Asli