6 Tips Beli Hewan Qurban Online, Praktis dan Aman

republika | Nasional | Published at 20/07/2021 01:05
6 Tips Beli Hewan Qurban Online, Praktis dan Aman

REPUBLIKA.CO.ID, Menjelang Hari Raya Idul Adha biasanya orang berbondong-bondong ke peternak atau pasar hewan untuk membeli hewan qurban. Umumnya hewan kurban yang biasa dibeli adalah sapi, kambing dan domba. Namun di tengah situasi PPKM dan pembatasan aktivitas saat ini, beli hewan kurban online bisa jadi solusi yang praktis dan juga aman.

Jual beli hewan kurban secara online bukan hanya marak tahun ini saja. Kegiatan ini sudah berlangsung lama, namun kurang populer karena saat virus corona belum menyerang, semua orang bisa membeli langsung ke peternak. Namun dengan kondisi pandemi yang membuat banyak orang membatasi kegiatan di luar rumah, beli sapi qurban secara online bisa jadi salah satu cara tetap berkurban di masa pandemi ini.

Lalu bagaimana tips membeli hewan qurban online agar tidak salah pilih apalagi tertipu penjual? Berikut infonya untuk Anda.

1. Tentukan hewan kurban sesuai budget

Berkurban merupakan salah satu ibadah dengan nilai pahala berlipat. Namun, tetap harus memperhatikan kondisi keuangan Anda dan beli sesuai kemampuan dan budget yang tersedia. Bisa dengan membeli satu ekor hewan utuh maupun beli hewan qurban kolektif yang biasanya lebih terjangkau.

Pilih juga hewan yang ingin Anda beli sebagai qurban tahun ini, apakah sapi, kambing atau domba. Anda juga bisa menentukan kualitasnya lho! Karena ada penjual yang menjual hewan qurban dengan rate standar hingga premium yang bisa Anda pilih.

2. Pilih situs beli hewan kurban online terpercaya

Jika ini pertama kali Anda beli sapi atau kambing qurban secara online, pastikan hanya membelinya melalui situs terpercaya. Bisa dari situs badan resmi seperti Baznas maupun situs marketplace terpercaya, misalnya Blibli.com.

Anda bisa mengecek profil penjual hewan kurban satu persatu untuk menentukan mana yang menyediakan hewan qurban terpercaya, baik dari segi kualitas maupun pelayanan terhadap pembeli.
Hal ini penting agar Anda merasa aman saat bertransaksi sehingga niat berqurban tahun ini bisa terlaksana meski dalam keterbatasan dikarenakan pandemi.

3. Cermati syarat pembelian hewan kurban

Anda bisa mengecek profil hewan kurban yang dijual untuk mengetahui apakah pembelian tersebut akan diantar ke lokasi Anda atau didistribusikan ke daerah-daerah yang membutuhkan. Jika bisa diantar ke lokasi Anda untuk disembelih sendiri di sekitar rumah atau lingkungan, Anda harus mengetahui bagaimana prosedur yang akan dilakukan oleh penjual. Anda harus menanyakan hal ini secara detail ke penjual agar tidak ada kesalahpahaman maupun masalah nantinya.

Jika pembelian hewan kurban akan disalurkan ke daerah maupun orang-orang yang membutuhkan, Anda juga harus tanyakan bagaimana prosedurnya, apakah ada laporan update ke pembeli dan sebagainya. Hal ini penting dilakukan agar qurban yang Anda niatkan dan lakukan bisa tepat sasaran dan bermanfaat bagi orang banyak.

4. Tanyakan kondisi hewan kurban pada penjual

Jika sudah menemukan penjual yang diminati, Anda perlu menanyakan beberapa hal sebelum melakukan pembayaran. Contohnya apakah hewan yang dijual sudah cukup umur untuk dijadikan hewan kurban sesuai dengan peraturan dalam agama. Apakah hewan dalam keadaan sehat tanpa cacat dan sebagainya.

Selain itu minta juga foto dan video asli hewan yang ingin dibeli agar bisa memeriksa ciri fisik dan juga kondisi hewan kurban yang Anda beli.

5. Lakukan pembayaran secara online

Agar Anda tak perlu keluar rumah selama pandemi ini, pilihlah pembayaran secara online seperti pembayaran dengan kartu kredit, internet banking, mobile banking dan debit online yang praktis dan bisa dilakukan dari rumah saja. Bahkan ada juga marketplace yang menerima pembayaran dengan menggunakan dompet digital.

Menariknya lagi jika Anda beli hewan kurban online di marketplace sering ada diskon atau potongan harga menarik yang bisa digunakan agar pembelian Anda lebih hemat. Jangan lupa untuk double confirm ke penjual jika sudah melakukan pembayaran agar sapi atau kambing yang dibeli bisa langsung diproses.

6. Minta laporan perkembangan kurban

Jika hewan kurban yang dibeli akan dikirim ke lokasi sesuai request Anda, pastikan juga untuk meminta laporan pengirimannya kepada penjual.

Jika hewan kurban yang Anda beli akan disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan di daerah lain, Anda bisa meminta laporan pendistribusian pada penjual agar mengetahui apakah kurban yang Anda lakukan sudah tepat sasaran atau belum.

Anda perlu menekankan soal laporan distribusi daging kurban pada penjual agar pembelian transparan dan qurban Anda bermanfaat bagi orang lain sesuai niat di awal.

Nah, itulah tips membeli hewan kurban secara online agar Anda tepat sasaran dan terhindar dari lapak abal-abal. Pastikan hanya membeli dari penjual yang terpercaya ya agar pembelian aman dan juga amanah. Selain itu yang terpenting adalah niat tulus ikhlas berkurban untuk beribadah dan juga berbagi pada sesama yang membutuhkan. Semoga bermanfaat!

Artikel Asli