Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Mulai Normalisasi Kali dan Waduk

okezone | Nasional | Published at 13/07/2021 15:15
Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Mulai Normalisasi Kali dan Waduk

JAKARTA Mencegah datangnya banjir di masa pandemi, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan normalisasi di sejumlah Kali dan Waduk yang ada di Jakarta. Pengerukan dipercepat sebelum memasuki musim penghujan.

Hal itu terlihat dalam posting yang diunggah akun instagram @dinas_sda, Selasa (13/7/2021) siang tadi. Postingan itu memperlihatkan segala kegiatan normaliasi air yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

"Kegiatan pembersihan eceng gondok Embung Flamboyan oleh Sudin SDA Jakarta Barat di Jalan Jaya 25, Kec. Cengkareng," demikian caption yang disertakan dalam akun tersebut.

Dijelaskan bahwa Embung Flamboyan berfungsi sebagai penampungan buangan dari saluran sekitar sehingga embung rutin dibersihkan dari tanaman eceng gondok dan juga rutin dilakukan pengerukan sehingga daya tampung embung tersebut dapat menerima debit air yang lebih besar.

"Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir genangan serta mencegah banjir terutama saat terjadi hujan deras di daerah tersebut," katanya dalam caption.

Dalam postingan itu memperlihatkan alat berat eskavator melakukan pembersihan di lingkungan embung yang tertutup enceng gondok. Mereka kemudian melakukan pembersihan dan melakukan pengerukan disana.

Artikel Asli