Kasus COVID-19 Melonjak, 6 Negara Ini Tolak Penerbangan dari Indonesia

urbanasia.com | Nasional | Published at 13/07/2021 14:55
Kasus COVID-19 Melonjak, 6 Negara Ini Tolak Penerbangan dari Indonesia

Jakarta - Kasus coronavirus disease di Indonesia sudah mencapai 2,4 juta, alhasil beberapa negara menolak penerbangan dari dan menuju ke Indonesia.

Melansir dari laman Reuters, pada 24 Juni 2021 kemarin, Hong Kong melarang penerbangan penumpang dari Indonesia. Kebijakan pemerintah setempat menganggap kedatangan dari Indonesia 'berisiko sangat tinggi' dalam penularan virus corona .

Pemerintah Hong Kong mengatakan, mereka menangguhkan penerbangan setelah jumlah kasus COVID-19 yang diimpor dari Indonesia melewati ambang batas yang ditetapkan oleh pusat keuangan global itu.

Kebijakan penolakan penerbangan Indonesia kemudian disusul oleh negara-negara lainnya selain Hong Kong , masih dilansir dari laman Reuters, Selasa (13/7/2021) berikut daftar negara-negara tersebut:

1. Taiwan

Taiwan sudah melarang kedatangan dan kepergian ke Indonesia sejak Desember 2020 lalu. Kebijakan tersebut diambil berdasarkan angka kasus COVID-19 di Indonesia. Tak hanya itu, Taiwan sempat meragukan kredibilitas hasil tes COVID-19 yang dikeluarkan Indonesia.

2. Arab Saudi

Sejak Februari 2021 lalu, Arab Saudi melarang warga Indonesia masuk ke negaranya sekalipun untuk ibadah. Melalui situs kemlu.go.id Arab Saudi belum mencabut status Indonesia dari daftar negara yang dilarang masuk sejak Februari.

Arab Saudi juga mempertimbangkan penilaian atas perkembangan kasus COVID-19 Indonesia termasuk Lebanon, Mesir dan Pakistan.

3. Oman

Urbanreaders, negara keempat yang melarang penerbangan adalah Oman. Tak hanya Indonesia, otoritas Oman telah juga menangguhkan penerbangan penumpang dari 24 negara, termasuk India, Bangladesh, dan Pakistan tanpa batas waktu, sebagai bagian dari upaya negara Teluk itu untuk menahan penyebaran virus corona.

4. Uni Emirat Arab (UEA)

Pada Minggu, 11 Juli 2021 kemarin UEA melarang penumpang transit dari Indonesia. Otoritas Penerbangan Sipil Umum dan Darurat Nasional juga mengumumkan, negaranya akan mencegah warganya bepergian ke Indonesia dan Afghanistan.

Dengan pengecualian misi diplomatik, kasus perawatan medis darurat, delegasi resmi dan delegasi ekonomi dan ilmiah yang sebelumnya berwenang.

5. Singapura

Negara terakhir yang melarang kedatangan dan kepergian ke Indonesia adalah negara tetangga, yakni Singapura .

Sejak 12 Juli 2021 kemarin, Singapura melarang warga Indonesia masuk ke wilayah mereka. Selain itu, semua pendatang dengan riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 21 hari terakhir juga tidak diizinkan transit melalui Singapura.

"
Artikel Asli