Kapal Umsini Akan Jadi Lokasi Isoman di Makassar

bukamatanews | Nasional | Published at 13/07/2021 14:51
Kapal Umsini Akan Jadi Lokasi Isoman di Makassar

MAKASSAR, BUKAMATA - Pemerintah Kota Makassar akan melakukan terobosan baru dalam rangka menghadirkan lokasi isolasi mandiri bagi masyarakatnya yang terkena Covid-19. Mereka yang terpapar dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) akan ditempatkan melakukan isolasi mandiri di tengah laut.

Adapun kapal yang akan dijadikan sebagai lokasi isolasi mandiri adalah KM Umsini. Kapal milik PT Pelni ini disebut memiliki daya tampung penumpang hingga 1.737 orang.

Walikota Makassar, Danny Pomanto, menyebutkan, sebelum dijadikan lokasi isolasi mandiri, pihaknya akan terlebih dulu melakukan pembenahan terhadap KM Umsini.

"Besok kapal tiba, untuk kita melihat apa-apa yang perlu dibenahi, terutama dalam meningkatkan kualitas standar kesehatan di atas kapal dalam hal ini konteks karantina," jelasnya, Selasa (13/7/2021).

Danny menjelaskan, nantinya KM Umsini sebagai lokasi karantina tidak akan bersandar di pelabuhan. Tetapi berlabuh di laut lepas. Untuk itu, pihaknya sudah menjajal titik labuh kapal ini nantinya.

"Kami melihat titik labuh yang paling bagus. Titik labuh ini tentu banyak pertimbangannya, pertimbangan teknis kedalaman, pertimbangan teknis kedua adalah suplay dan pertimbangan nilai rekreatif dan penyembuhannya," jelasnya.

Menurut Danny, selain menyiapkan lokasi dalam hal ini kapal yang akan digunakan. Pihaknya juga sudah menyiapkan Standar Opersional Prosedur (SOP) yang akan digunakan untuk membawa masyarakat yang akan melakukan isolasi mandiri di atas kapal.

"Kami merancang hulu-hilir, siapa yang akan dibawa ke kapal ini, standarnya bagaimana, koordinasi antara Detektor, Babinsa, Babinkantibmas, Covid Hunter, sampai di atas kapal itu punya SOP," paparnya.

Artikel Asli