Tak Sekedar Bukti Cinta, Berciuman Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

ayosemarang | Nasional | Published at 13/07/2021 14:36
Tak Sekedar Bukti Cinta, Berciuman Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Berciuman bukan hanya bukti ekspresi cinta semata, ciuman juga ternyata bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Dilansir Suara.com dari Healthshots, berciuman diklaim dapat mengurangi kecemasan, mengurangi masalah gigi berlubang, dan mengelola tekanan darah.

Ciuman membuat seseorang merangsang pelepasan adrenalin dan noradrenalin, sehingga bisa meningkatkan detak jantung. Belain itu, ada beberapa manfaat lain berciuman, di antaranya:

1. Menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol

Berciuman bisa melebarkan pembuluh darah, juga membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Selain itu, berciuman juga dapat menurunkan kadar kortisol dan menjadi cara untuk mengelola stres serta kebahagiaan untuk diri Anda bersama pasangan.

2. Dapat melawan gigi berlubang dan meningkatkan kekebalan tubuh

Saat berciuman, air liur yang dikeluarkan dapat membantu menghilangkan partikel penyebab rongga yang menempel di gigi. Sekresi air liur juga dapat menyebabkan pertukaran bakteri baik. Selain itu, berciuman juga dapat memperkuat kemampuan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan infeksi penyakit.

3. Bisa meningkatkan kebahagiaan

Saat berciuman, otak akan dipicu untuk melepas zat kimia seperti oksitosin, dopamin, dan juga serotonin sehingga ini bisa membuat Anda merasa bahagia. Tentunya, ini juga bisa meningkatkan perubahan suasana hati Anda.

4. Bisa mengelola stres dan kecemasan

Berciuman bisa membantu mengurangi kadar kortisol, sehingga meningkatkan perasaan harga diri Anda. Tidak hanya itu, berciuman juga bisa menjadi cara untuk mengelola stres dan juga kecemasan.

Itulah beberapa manfaat ciuman yang berdampak positif bagi kesehatan. Namun ingat, jangan berciuman dengan sembarangan orang. Lakukanlah dengan pasangan sah ya.

Artikel Asli