Wujudkan Herd Immunity, Vaksinasi Di DKI Tidak Dibatasi Zonasi

jawapos | Nasional | Published at 13/07/2021 14:22
Wujudkan Herd Immunity, Vaksinasi Di DKI Tidak Dibatasi Zonasi

JawaPos.com Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mengebut program vaksinasi Covid-19. Hal ini demi menciptakan herd immunity atau kekebalan komunal. Salah satu cara yang dilakukan yakni tidak menerapkan zonasi untuk penyuntikan vaksin.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, saat ini kegiatan vaksinasi tidak terbatas pada wilayah atau zonasi. Artinya warga bisa melakukan suntik vaksin di mana pun. Atas dasar itu, masyarakat diharapkan proaktif mendatangi sentra-sentra vaksinasi.

Kini harus kita segerakan dan sudah seminggu kita memasuki vaksin anak-anak 12-17 tahun. Untuk semua elemen masyarakat sekarang pelaksanaan kegiatan vaksin tidak dibatasi lagi zonasinya, bahkan umurnya dan yang paling penting adalah dukungan dan partisipasi kita semua, kata Ariza.

Politikus Partai Gerindra itu mengingatkan agar pelaksanaan kegiatan vaksinasi tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ia juga kembali mengimbau agar seluruh elemen masyarakat Ibu Kota Jakarta mematuhi kebijakan PPKM Darurat yang diterapkan.

Pelaksanaan vaksin penting, tapi pelaksanaan protokol kesehatan tidak diabaikan justru tetap ditingkatkan, didisiplinkan, diketatkan dengan bertanggung jawab. Kalau orang berperang itu pilihannya dua, hidup atau mati. Untuk pelaksanaan PPKM Darurat, kami harap seluruh warga Jakarta patuh, taat, jangan main-main, jelasnya.

Perlu diketahui, selain menyelenggatakan vaksinasi di tempat-tempat tertentu, Pemprov DKI Jakarta juga telah menghadirkan mobil vaksin keliling. Kehadiran mobil vaksin keliling ini bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta untuk menjangkau dan memperluas vaksinasi di Jakarta. Khususnya, untuk mereka yang memiliki kendala mobilitas serta jangkuan vaksinasinya masih rendah.

Pemerintah juga menghimbau warga agar senantiasa tetap menerapkan protokol kesehatan 3M untuk mencegah tertular virus. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin menggunakan air mengalir. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh seluruh warga, termasuk yang sudah disuntik vaksin.

Artikel Asli