Cegah Penyebaran Covid-19, Pangkostrad Berangkatkan Mobil Vaksin Fast Lab

sindonews | Nasional | Published at 13/07/2021 13:50
Cegah Penyebaran Covid-19, Pangkostrad Berangkatkan Mobil Vaksin Fast Lab

JAKARTA - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen TNI Dudung Abdurachman, memimpin acara pemberangkatan mobil Vaksin Fast Lab di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Selasa (13/7/2021).

Pemberangkatan mobil Vaksin Fast Lab ini dalam rangka Serbuan Vaksin Covid-19 di Satuan Jajaran (Satjar) Kostrad. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mendukung kampanye pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 di Tanah Air pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali.

Hingga kini berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19, di antaranya pemberian vaksinasi kepada masyarakat secara massal yang digelar Kostrad pada hari ini, kemudian turun ke lokasi tanpa harus masyarakat datang ke pusat kesehatan setempat.

Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman, menyampaikan, vaksinasi merupakan bentuk usaha membentengi diri dari infeksi pandemi Covid -19. "Kita tidak perlu khawatir tentang vaksin ini, karena pemerintah telah menjamin vaksin yang diberikan kepada masyarakat adalah halal, aman dan dapat memberikan banyak manfaat serta untuk semakin meningkatkan herd immunity (kekebalan tubuh),"ujarnya kepada SINDOnews.com seusai seremoni Serbuan Vaksin di Makostrad,kawasan Gambir,Jakarta Pusat, Selasa (13/7/2021)

Dudung menjelaskan manfaat pemberian vaksin Covid-19 di antaranya mencegah terkena atau mengalami gejala Covid-19 berat, karena vaksinasi adalah proses di dalam tubuh dimana seseorang menjadi kebal atau terlindung dari suatu penyakit. Dudung menambahkan Vaksinasi Covid-19 ini juga dapat mencegah kita menyebarkan virus Covid-19 ke orang lain jika cakupan vaksinasi luas dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitasnya.

"Acara serbuan vaksin dan pembagian 20.000 paket sembako merupakan salah satu wujud nyata Kostrad dalam upaya melaksanakan program Pemerintah mengabdi kepada Negara bekerja sama dengan para mitra untuk meringankan kesulitan warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,"ungkap Dudung.

"Saya atas nama pribadi dan Panglima Kostrad mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra dari berbagai instansi/perusahaan, atas segala upaya yang telah dilaksanakan sehingga acara serbuan vaksin ini dapat berlangsung. Kepada penyelenggara, laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab, berikanlah pelayanan yang terbaik dengan dilandasi ketulusan dan perhatian yang maksimal," ucapnya.

Adapun kegiatanserbuan vaksin dilaksanakan selama empat hari, yaitu mulai 13-16 Juli 2021 di lima titik, yang berlokasi di lapangan Yonarhanud 1 / Kostrad Serpong, Tangeranag Selatan, lapangan Ajen Kostrad, Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Selain itu, lapangan Zeni Kostrad daerah Srengseng Sawah, GOR Brigif Para Raider-17 Kostrad, Cijantung, Jakarta Timur dan di Wisma Atlet Divisi Infanteri-1 Kostrad, Cilodong, Depok, dengan sasaran keluarga besar TNI dan masyarakat setempat.

Hadir pada kegiatan tersebut Kaskostrad Mayjen TNI Ainurrahman, Ir Kostrad Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad dan para Asisten Kaskostrad, para Pamen Ahli, para Irut, para Waas, LO, Kabalak Kostrad, Principal Fast Lab Bapak Santoso Halim, Direktur KMS Richard Erlangga, Tri Junaedi dan Prof. Hadi Pranoto, Pimpinan Artha Graha Peduli, PT. Sayap Emas Utama, PT Indofood Tbk dan Yayasan Budha Suci dan Penkostrad.

Dalam kegiatan Serbuan vaksinasi ini melibatkan tim vaksinator yang berasal dari tim Kesehatan Kostrad. Peserta vaksinasi terbuka bagi seluruh komponen masyarakat. Masyarakat hanya diimbau untuk datang secara tertib dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta menjaga protokol kesehatan.

Artikel Asli