Sapi Kurban Berbobot 923 Kg Bantuan Jokowi Diserahkan Ke Masjid Di Kubu Raya Kalbar

rm.id | Nasional | Published at 13/07/2021 13:49
Sapi Kurban Berbobot 923 Kg Bantuan Jokowi Diserahkan Ke Masjid Di Kubu Raya Kalbar

Gubernur Kalimantan BaratSutarmidji menyerahkan sapi kurban dengan bobot 923 kilogram bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi)kepada pihak Masjid Nur Ilahi, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Penyerahan hewan kurban kepada masyarakat melalui masjid oleh Presiden Jokowiselalu dilakukan setiap Idul Adha. Kami tentu berterima kasih kepada beliauatas sapi kurban yang telah diserahkan kepada masyarakat ini, ujarnyasaat penyerahan sapi kurban di Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Selasa (13/7).

Ia menyebutkan selain penyerahan sapi dari Jokowijuga disalurkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar sebanyak 21 ekor sapi yang akan disebar atau dibagikan ke kabupaten atau kota di Kalbar.

Selain itu juga ada 34 ekor sapi dari seluruh staf di Kantor Gubernur yang juga akan dibagikan ke masyarakat di Kalbar. Untuk penerima memang kita berikan ke daerah yang layak dan membutuhkan serta yang mengajukan proposal bantuan hewan kurban, ujar Sutarmidji.

Ia menghimbau bahwa pelaksanaan pemotongan hewan kurban, jika ada langsungdi rumah pemotongan hewan (RPH), itu lebih baik agar bisa mencegah kerumunan dalam rangka penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Namun apabila tidak ada rumah pemotongan hewan, maka di masjid tidak ada masalah asalkan ketat menerapkan prokes. Saat pemotongan tidak ada kerumunan, ujar Sutarmidji.

Ia mengingatkan untuk penyerahan daging hewan kurban juga tidak dibagikan di masjid. Hal itu bila dilakukan maka akan ada potensi kerumunan.

Untuk itu panitia kurban lebih baik diserahkan langsung ke penerima daging kurban untukmencegah penyebaran Covid-19, ujarSutarmidji.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Muhammad Munsif menjelaskan terkait hewan kurban bantuan Presiden Jokowi, dilakukan penyeleksian terhadap hewan peternak.

Untuk hewan kurban, yang menjadi bantuan Presiden Jokowi dalam pemilihannya harus melalui tahap penyeleksian agar sesuai, sehat dan layak, ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa sapi bantuan Presiden Jokowi merupakan hasil kawin inseminasi buatan (IB) sapi jenis Limousin dan saat ini sudah berumur 3 tahun 1 bulan. [ SRI ]

Artikel Asli