Wapres Ajak Ulama Jaga Umat Dari Hoaks Tentang Covid-19

rm.id | Nasional | Published at 13/07/2021 12:55
Wapres Ajak Ulama Jaga Umat Dari Hoaks Tentang Covid-19

Wakil Presiden KH Maruf Amin mengajak para ulama, kiai, dan tokoh agama Islam untuk menjaga masyarakat dari informasi yang salah dan hoaks di tengah kondisi pandemi Covid-19. Jangan sampai umat termakan hoaks tersebut.

"Saya ingin mengajak para kiai untuk menjaga umat dari berbagai informasi-informasi, isu-isu yang tidak benar. Banyak masyarakat tidak bisa membedakan mana informasi yang benar, mana yang bohong," kata Wapres dalam Pertemuan Virtual dengan Tokoh Agama, Senin (12/7), yang ditayangkan di akun YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Selasa (13/7).

Wapres melihat, sampai saat ini masih berseliweran informasi keliru tentang Covid-19. Bahkan, masih ada yang curiga bahwa Covid-19 hanya konspirasi.

"Sekarang sedang terjadi, termasuk informasi bahwaCovid-19 adalah konspirasi, padahal ini nyata. Makanya, ini dinamakan era post truth , artinya pascakebenaran. Kebenaran menjadi tersamarkan dengan kebohongan," jelas mantan Rais Aam PBNU ini.

Wapres menambahkan, di tengah banjirnya informasi yang diperoleh masyarakat, khususnya dari media sosial, banyak mengandung kebohongan, fitnah, dan hoaks. "Sekarang ini zamannya banjir informasi. Ada yang benar, ada yang tidak benar. Ada yang bohong, ada yang fitnah. Ada yang hoaks, ada yang adu domba. Ini semua tercampur baur di tengah masyarakat," kata mantan Ketua Umum MUI ini.

Oleh karena itu, Wapres mengajak seluruh kiai dan tokoh agama Islam untuk bersama-sama melindungi masyarakat dari disinformasi tentang Covid-19. "Peran saya sebagai sahabat dari para kiai, para ulama semua untuk bersama-sama Pemerintah berjuang, berjihad menghadapi bahaya Covid-19 yang demikian dahsyat," kata Wapres. [ USU ]

Artikel Asli