Kebutuhan Data Meningkat, XL Axiata Perluas Jaringan di Sukabumi

jawapos | Nasional | Published at 13/07/2021 13:21
Kebutuhan Data Meningkat, XL Axiata Perluas Jaringan di Sukabumi

JawaPos.com Data internet menjadi kebutuhan yang sangat krusial dalam satu dekade belakangan. Layanan panggilan telepon dan SMS konvensional perlahan mulai ditinggalkan pengguna dan beralih ke pelbagai platform pengganti yang berbasis data internet.

Sejak saat itu juga, data internet terus menjadi lini bisnis utama banyak operator seluler (opsel) di tanah air. Hingga ke pelbagai pelosok daerah di Indonesia, perluasan jaringan terus dilakukan salah satunya oleh XL Axiata demi masyarakat yang terus bisa terkoneksi dengan internet.

Baru-baru ini, XL Axiata kembali mengumumkan perluasan jaringan di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Trafik pengguna layanan data XL Axiata di wilayah tersebut diklaim menjadi alasan utama perlunya melakukan perluasan jaringan di Sukabumi.

Di wilayah tersebut, dalam dua tahun terakhir, disebut terjadi peningkatan trafik data hingga 88 persen. Guna menjaga kualitas jaringan data tetap prima dan sekaligus melayani permintaan pasar dari area-area baru, XL Axiata terus melakukan pembangunan jaringan, termasuk hingga ke pedesaan-pedesaan yang sebelumnya belum terjangkau.

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Sofia Purbayanti mengatakan, pihaknya memang sudah memantau wilayah-wilayah yang mengalami peningkatan trafik data secara signifikan, salah satunya Sukabumi ini.

Kenaikan trafik yang terjadi didorong oleh semakin nyamannya pelanggan atas jaringan dan produk XL Axiata, serta terus bertambahnya pelanggan. Bahkan kami mendeteksi permintaan dari area-area baru. Karena itulah, pembangunan jaringan data ini kami terus lakukan, ujarnya melalui keterangan tertulisnya.

Menurut Sofia, saat ini jaringan XL Axiata di Sukabumi sudah menjangkau hingga 70 persen wilayah Sukabumi dengan jaringan 4G, terdiri dari 52 Kecamatan, 38 Kelurahan, dan 326 Desa. Dalam setahun terakhir ini, pihaknya juga menyebut telah menambah sekitar 109 BTS 4G.

Total lebih dari 1.150 BTS yang kini tersebar, melayani lebih dari 400 ribu pelanggan. Khusus di wilayah Kota Sukabumi, XL Axiata memiliki lebih dari 230 BTS, dengan jumlah BTS 3G/4G hampir mencapai 180 BTS.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 35 persen dibanding tahun lalu. Untuk Kabupaten Sukabumi, terdapat lebih dari 900 BTS, sebanyak lebih dari 630 BTS merupakan BTS 3G/4G, jumlah tersebut meningkat sebesar 33 persen dibanding tahun lalu.

Selain fokus melakukan pembangunan jaringan 4G, XL Axiata juga memperkuat layanan data dengan memperluas pembangunan jaringan kabel serat fiber optik yang jalurnya masuk hingga ke BTS-BTS di pelosok Sukabumi. XL Axiata berharap dengan terhubungnya setiap BTS dengan kabel fiber optik dapat lebih meningkatkan kualitas jaringan dan tentunya secara otomatis akan memberikan kenyamanan lebih kepada pelanggan.

Pembangunan jaringan fiber optik terbaru di wilayah Sukabumi telah berhasil dilakukan pada 63 BTS yang saling terkoneksi. Terdapat sebanyak 37 BTS yang tersebar di wilayah Kota Sukabumi yang sudah terfiberisasi.

Sementara itu, di wilayah Kabupaten Sukabumi, sebanyak 26 BTS yang sudah terfiberisasi. Jumlah BTS yang akan terkoneksi dengan jaringan fiber optik di seluruh Sukabumi akan terus bertambah mengingat kebutuhan untuk meningkatkan kualitas layanan data seiring dengan pertumbuhan trafik yang signifikan.

Sementara itu, terkait dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Cikadang yang berada di Bukit Algoritma, Kecamatan Cikadang dan Cibadak yang direncanakan menjadi pusat pengembangan teknologi seperti Silicon Valley, XL Axiata siap mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan data dimana saat ini di kawasan tersebut telah dibangun 11 BTS 4G, serta memperluas jaringan fiber optik.

Artikel Asli