Jokowi: Investasi Dapat Mendukung Percepatan Pemulihan

wartaekonomi | Nasional | Published at 13/07/2021 13:13
Jokowi: Investasi Dapat Mendukung Percepatan Pemulihan

Presiden Joko Widodo mengatakan investasi merupakan kunci utama dalam pemulihan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi. Berbagai upaya pun telah dilakukan pemerintah dalam mendorong investasi salah satunya dengan mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja.

Jokowi menekankan UU ini dimaksudkan untuk meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan beruaha di Indonesia serta memberikan perlindungan bagi koperasi, UMKM dan industri nasional.

Penyederhanaan perizinan berusaha di pemerintah pusat dan daerah, penerapan perizinan berusaha berbasis risiko serta berbagai insentif lainnya diharapkan dapat meningkatkan minat investor khususnya dari dalam negeri, kata Jokowi saat membuka Investor Daily Summit 2021 di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Jokowi menambahkan bahwa per Julo 2021, sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risko wajib digunakan serta menjadi acuan tunggal bagi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyelenggaran perizinan berusaha secara elektronik, cepat dan efisien.

Di sisi lain berbagai kemudahan untuk UMKM juga diharapkan dapat menumbuhkan UMKM -UMKM lokal agar dapat berkolaborasi dengan perusahan-perusahaan besar untuk menciptakan pemerataan ,kemandirian ekonomi, dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Pemerintah juga telah membentuk satgas percepatan investasi yang bertugas untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapai berbagai pelaku usaha sera mendorong Kerjasama investor besar dengan UMKM, tegasnya.

Artikel Asli