Tiga Daha Terima Bantuan Program Rumah Sejahtera dan UEP dari Pemkab HSS

apahabar.com | Nasional | Published at 13/07/2021 12:58
Tiga Daha Terima Bantuan Program Rumah Sejahtera dan UEP dari Pemkab HSS

apahabar.com , KANDANGAN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyalurkan bantuan sosial program rumah sejahtera (PRS) dan usaha ekonomi produktif (UEP) tahun 2021 untuk wilayah Kecamatan Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat, Selasa (13/7).

Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Wakil Syamsuri Arsyad dan Kepala Dinas Sosial Nordiansyah menyerahkan secara simbolis bantuan sosial kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Aula Kantor Kecamatan Daha Utara.

Bantuan sosial ini dari APBD murni Kabupaten HSS tahun 2021 dan telah diusulkan penerima bantuan sosial PRS sebanyak 500 orang, setelah dilaksanakan verifikasi akhir tersisa 352 orang yang berhak menerima.

Kepala Dinsos Kab HSS Nordiansyah menyampaikan, 148 orang tidak bisa menerima bantuan sosial karena meninggal dunia, mendapatkan bantuan dari APBD provinsi dan dari desa, serta bantuan dari keluarga.

Masing-masing menerima bantuan sosial PRS Rp13.908.000 per KPM, katanya.

Sedangkan bantuan sosial program UEP tahun 2021, sebanyak 106 orang berhak menerima bantuan dan 34 orang dilaporkan tidak memenuhi kriteria dari total 140 orang KPM.

Ada yang sudah mampu, tidak ada usaha yang dijalankan,sudah pernah mendapatkan bantuan sejenis dan meninggal dunia, terangnya.

Besaran bantuan program UEP ini antara Rp2.700.000 sampai dengan Rp3.000.000 per KPM.

Dirincikan Noordiansyah, Kecamatan Daha Utara menerima program PRS sebanyak 18 KPM dan program UEP sebanyak 5 KPM.

Kecamatan Daha Selatan menerima program PRS sebanyak 31 KPM dan program UEP sebanyak 4 KPM, kemudian Daha Barat penerima PRS sebanyak 23 KPM.

Menurut Bupati Achmad Fikry, bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang belum memiliki rumah layak huni maupun kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usaha.

Setelah ini, penerima bisa langsung perbaiki rumahnya sehingga tidak kehujanan dan kepanasan. Tidur lebih nyaman, katanya.

Bupati Achmad Fikry menambahkan, penerima bantuan semua program pemerintah harus divaksin setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan.

Ini bentuk ikhtiar kita untuk meningkatkan daya tahan kelompok dan sosial dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten HSS, terangnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Kalsel Syariah sebagai bank penyalur program bantuan, termasuk potensi sosial, TKSK, Tagana yang ada di tiga Daha.

Kami ucapkan terimakasih banyak karena selama ini membantu pemerintah mendampingi warga penerima bantuan, pungkasnya.

Artikel Asli