Vaksinasi Gotong Royong Percepat Herd Immunity

rm.id | Nasional | Published at 13/07/2021 12:23
Vaksinasi Gotong Royong Percepat Herd Immunity

Koordinator Advokasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Watch, Timboel Siregar menilai, vaksinasi gotong royong berbayar tidak akan mengganggu vaksinasi gratis yang dijalankan pemerintah. Sebab, jenis vaksinnya berbeda.

Menurut dia, vaksinasi gotong royong untuk perusahaan dan individu menggunakan vaksin sinopharm. Sementara, vaksinasi yang dilakukan pemerintah menggunakan Sinovac, Pfizer dan Astrazeneca.

Karena itu, Timboel memastikan vaksinasi berbayar tidak akan mengganggu pasokan vaksinasi gratis. Vaksinasi gotong royong hanya untuk percepatan vaksinasi. "Itu sifatnya optional saja," kata Timboel kepada Rakyat Merdeka, Selasa (13/7).

Timboel juga meminta pemerintah untuk menggenjot program vaksinasi gratis ke rakyat. Hal ini untuk mempercepat herd immunity.

Pemerintah juga harus memastikan vaksinasi program dengan nyaman, manajemen antrian harus diperbaiki dengan benar-benar mematuhi prokes supaya tidak menjadi tempat penyebaran baru Corona.

Sebelumnya, Kimia Farma berencana menjual vaksin Corona mulai Senin kemarin. Namun, perusahaan pelat merah itu menundanya. [ NOV ]

Artikel Asli