Solusi Menkes Agar Bed RS Tak Penuh: Masyarakat Jangan ke Mana-mana

jawapos | Nasional | Published at 13/07/2021 11:50
Solusi Menkes Agar Bed RS Tak Penuh: Masyarakat Jangan ke Mana-mana

JawaPos.com Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberkan keterisian tempat tidur di rumah sakit (RS). Dia mengatakan, keterisian tempat tidur RS meningkat setelah perayaan Idul Fitri 2021.

Budi mengatakan, pemerintah mengalokasikan 120 ribu tempat tidur ( bed ) atau sekitar 30 persen dari total bed yang ada di rumah sakit di Indonesia yang sebanyak 400 ribu bed. Penggunaan bed untuk pasien Covid-19 meningkat pesan setelah Idul Fitri.

Dalam enam sampai tujuh minggu terakhir angka 23 ribu sudah naik ke 90 ribu. Jadi, kita sudah ada 90 ribu tempat tidur terpakai untuk merawat rekan-rekan kita yang terpapar, kata Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Selasa (13/7).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, masih ada sisa bed untuk menampung pasien Covid-19. Namun angka keterisian 90 ribu bed menurut dia sudah perlu diwaspadai.

Kita masih punya room untuk bisa naik ke 120 ribu. Tetapi di atas 120 ribu posisi kita akan sulit. Itu sudah 30 persen dari kapasitas rumah sakit di seluruh Indonesia, katanya.

Oleh sebab itu, Budi mengatakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah keterisian tempat tidur di RS adalah masyarakat disiplin menaati protokol kesehatan (prokes). Kita disiplin, jaga jarak, pakai masker, jangan ke mana-mana, tetapi stay at home . Itu penting sekali, ungkapnya.

Menurut Budi, jika masyarakat mengabaikan prokes, maka tenaga medis harus semakin bekerja keras dalam menangani pasien. Kondisi ini tentunya sangat tidak diinginkan mengingat jumlah tenaga medis yang terbatas.

Kasihan teman-teman di rumah sakit, kasian dokter, kasian para nakes yang nanti akan menerima gelombang pasien yang akan masuk, pungkasnya.

Artikel Asli