Di Pos Perbatasan Aceh-Langkat, Tidak ada Sertifikat Vaksi Putar Balik

acehsatu.com | Nasional | Published at 13/07/2021 11:23
Di Pos Perbatasan Aceh-Langkat, Tidak ada Sertifikat Vaksi Putar Balik

ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG Penyekatan masuk Aceh khususnya dipintu masuk Aceh, perbatasan Aceh Tamiang dan Langkat, Sumatera Utara kembali dilakukan dengan ketat. Warga yang masuk dan keluar Aceh tanpa dapat menunjukkan sertifikat vaksin maka diminta putar balik kenderaanya. Pemberlakuan posko ini hingga 20 Juli 2021.

Namun demikian warga yang belum melakukan vaksin, pihak Satgas Covid-19 Aceh Tamiang juga memberikan solusi kepada warga yang mau keluar masuk Aceh dengan menyediakan gerai vaksin di pos perbatasan itu. mereka bisa langsung vaksin ditempat.

"Kami telah menyediakan gerai vaksin yang bertujuan untuk melaksanakan proses vaksinasi bagi warga yang belum mendapatkan dosis vaksin sebagai syarat mendapatkan sertifikat vaksin dalam melakukan perjalanan" ujar Kapolres Aceh Tamiang, Ari Lasta Irawan,SIK kepada wartawan saat meninjau Posko Penyekatan PPKM berbasis Mikro di Pos Timbangan Kecamatan Kejuruan Muda, pada Senin (12/7/2021).

Kapolres bersama Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Tamiang, Drs. Amiruddin Y, Pasi Intel Kodim 0117/Aceh Tamiang, Nunu Rukmana, kepala BPBD Aceh Tamiang, Syahri, Wakapolres dan Kasat Lantas melakukan peninjauan kesiapan pelaksanaan Posko Perpanjangan PPKM Mikro di Kabupaten Aceh Tamiang sesuai dengan Instruksi Gubernur Aceh Nomor : 12/INSTR/2021 tertanggal 6 Juli 2021.

Selain tinjau kesiapan Posko, rombongan juga memantau persiapan gerai vaksin bagi warga Aceh Tamiang yang akan melakukan perjalanan ke Sumatera Utara.

Kapolres Aceh Tamiang, Ari Lasta Irawan,SIK kepada wartawan saat meninjau Posko Penyekatan PPKM berbasis Mikro di Pos Timbangan Kecamatan Kejuruan Muda, pada Senin (12/7/2021)

Putar Balik

Kabag Humas Pemkab Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, SSTP selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang mengungkapkan, aktifnya kembali posko perbatasan ini merupakan tindak lanjut dari Ingub Aceh Nomor : 12/INSTR/2021.

"Kami Pemkab Aceh Tamiang bersinergi bersama TNI/Polri melakukan penyekatan dan pengaktifan Posko PPKM kembali, ujar devi

Jubir Satgas covid ini juga menghimbaun warga yang belum melaksanakan vaksin, diposko ini juga menyediakan gerai vaksin, jadi silahkan yang belum vaksin dapat melaksanakan vaksinasi disini.

Terkait hukuman apabila tidak memiliki sertifikat vaksin dan ingin melakukan perjalanan baik dari aceh menuju sumatera utara ataupun sebaliknya maka akan kami suruh putar balik, ungkap Devi.

Kapolres Aceh Tamiang, Ari Lasta Irawan,SIK kepada wartawan saat meninjau Posko Penyekatan PPKM berbasis Mikro di Pos Timbangan Kecamatan Kejuruan Muda, pada Senin (12/7/2021)

Menekan Penyebaran Covid

Pada kesempatan yang sama, Pasi Intel Kodim 117/Aceh Tamiang, Nunu Rukmana yang menambahkan, keberadaan Posko Penyekatan di wilayah perbatasan Aceh - Sumut ini penting bagi upaya menekan penyebaran COVID-19.

Hari ini kita juga mengecek untuk pelaksanaan Pos Sekat yang ada di Perbatasan. Dengan harapan kita mengurangi kegiatan mobilitas masyarakat yang betul-betul tidak diperlukan untuk tidak usah keluar rumah, ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan keberhasilan pengendalian pandemi juga tergantung pada kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan pelaksanaan PPKM Mikro.

Kita himbau, kita ajak masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, walaupun sudah dilaksanakan vaksinasi. Di samping itu, yang kedua, implementasi dari PPKM Mikro ini harus kita lakukan dengan baik. Kalau ini bisa kita kerjakan, insya Allah, bisa membantu menekan penyebaran COVID 19 di wilayah Aceh," pungkasnya.

Nyaman Divaksin

Tampak pada saat tinjauan, antusias warga terlihat tinggi dengan ramainya warga yang ingin melaksanakan vaksinasi di Posko PPKM Mikro di perbatasan Aceh-Sumut ini. Salah seorang peserta vaksin, Tedy Irawan mengatakan bahwa setelah divaksin efeknya tidak terjadi apa-apa pada kondisi tubuh. Dia merasa nyaman dan aman.

"Yang Saya rasakan ya gak ada apa-apa. Nyaman saja dan tidak ada rasa pegal seperti orang-orang yang lain. Dan harapan Saya agar semua orang yang belum divaksin agar mau divaksin demi kesehatan dan antisipasi penyebaran virus covid-19 ini, ujar Tedy (*)

Artikel Asli