Cara Daftar Simulasi CAT CPNS 2021 BKN

ayosemarang | Nasional | Published at 13/07/2021 11:21
Cara Daftar Simulasi CAT CPNS 2021 BKN

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- BKN (Badan Kepegawaian Negara) resmi membuka portal simulasi ujian CPNS 2021 dan PPPK 2021 melalui metode CAT (Computer Assisted Test).

Diketahui, Portal CAT BKN ini adalah website resmi satu-satunya yang terbitkan oleh BKN yang diperuntukan para CPNS guna simulasi ujian CPNS dan PPPK tahun 2021. Dengan mengetahui cara ikut simulasi CAT CPNS BKN, pelamar dapat menguji coba kemampuannya terlebih dahulu.

BKN menyampaikan melalui akun media sosial resminya, bahwa jelang seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021, beredar banyak buku-buku di kalangan masyarakat tentang panduan lulus seleksi ASN, yang mana buku-buku tersebut menyertakan logo lama CAT-BKN.

Mengenai beredarnya buku-buku tersebut, BKN pun langsung menegaskan bahwa tidak pernah melakukan kerjasama dengan pihak manapun maupun menerbitkan buku-buku tersebut secara mandiri.

Mengenai latihan soal-soal ujian ASN melalui metode CAT, para CPNS bisa membuka situs resmi simulasi ujian CPNS dan PPPK tahun 2021 melalui situs resmi BKN di http://cat.bkn.go.id/simulasi.

Nah, untuk mengikuti simulasi, para pelamar perlu tahu cara ikut simulasi CPNS BKN. Adapun caranya yaitu perlu mendaftar terlebih dulu untuk proses login menggunakan akun simulasi CAT BKN tahun 2021.

Cara Daftar Simulasi CAT CPNS 2021 BKN

-Buka http://cat.bkn.go.id/simulasi

-Lalu, isi nama lengkap

-Setelah itu isi kolom email menggunakan email pribadi

-Buat password yang mudah diingat

-Lalu, konfirmasi password

-Isi kolom tanggal dan tempat lahir

-Isi kolom jenis kelamin

-Kemudian, verifikasi kode captcha

Jika sudah daftar, itu artinya kamu sudah memiliki akun yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan simulasi CAT CPNS BKN. Untuk login, kamu bisa menggunakan email dan password yang didaftarkan.

Kisi-kisi Ujian CPNS 2021

Bagi para CPNS 2021, mengikuti ujian SKD dan SKB itu penting agar bisa lolos tes CPNS 2021. Adapun kriteria ujian SKD dan SKB yakni sesuai dengan aturan yang tertuang dalam PermenPANRB No. 27/2021 mengenai Pengadaan PNS.

Menurut pasal 35 ayat 2, ujian SKD bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki para pelamar dengan standar kompetensi dasar PNS. Sesuai pasal 34 ayat 3, ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) untuk CPNS 2021 yakni meliputi:

-TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

-TIU (Tes Intelegensi Umum)

-TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Untuk ujian SKB CPNS, adapun kisi-kisi nya sebagai berikut:

-Psikotes

-Tes potensi akademik

-Tes kemampuan bahasa asing

-Tes kesehatan jiwa

-Tes kesegaran jasmani/tes kesamaptaan

-Tes praktek kerja

-Uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi, wawancara

-Dan/atau tes lain sesuai persyaratan jabatan

Nah, itulah informasi mengenai cara ikut simulasi CAT CPNS BKN 2021 yang perlu diketahui oleh para pelamar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Asli