Tidak Mau Ada Klaster Vaksinasi, Bupati Evaluasi Serbuan Vaksin Tiap Hari

ayosemarang | Nasional | Published at 13/07/2021 11:16
Tidak Mau Ada Klaster Vaksinasi, Bupati Evaluasi Serbuan Vaksin Tiap Hari

KALIWUNGU, AYOSEMARANG.COM -- Mempercepat target vaksinasi di Kabupaten Kendal, lima sentra vaksin dibuka untuk melayani warga yang antusias ingin mendapatkan vaksin covid 19.

Namun demikian pelaksanaan vaksin di lima lokasi di Kabupaten Kendal jangan memunculkan klaster penyebaran covid karena terjadi kerumunan warga yang hendak vaskin.

Langkah Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mempercepat dan mengejar target vaksinasi massal dengan membuka sentra vaksin yang tersebar di seluruh wilayah di Kendal. Ada 5 sentra vaksin yang dibuka yakni di Stadion Kebondalem, Aula Kecamatan Kaliwungu, Aula Kecamatan Weleri, Obyek Wisata Curug Sewu dan Kolam renang Boja, jelas Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat melihat pelaksanaan vaksin di Aula kecamatan Kaliwungu, Selasa 13 Juli 2021.

DIco menegaskan upaya Pemkab Kendal memberikan pelayanan vaksin karena antusias warga yang tinggi juga perlu diwaspadai. Jangan sampai antusias warga yang ingin vaksin menimbulkan kerumunan dan menjadi klaster penyebaran covid 19.

Tapi perlu dicatat jangan sampai ada klaster vaksin karena antusias warga yang tinggi. Kita sudah mengatur pelaksanaan dengan cara mendaftar melalui online, imbuh bupati.

Diakui pendaftaran online ini bisa mengurangi kerumunan warga meski banyak yang tidak bisa mendaftar karena sudah penuh dalam waktu satu jam setelah dibuka.

Yang harus diperhatikan adalah saat pelaksanaan, harus ada alur warga yang hendak divaksin sehingga tidak ada kerumunan. Kita akan lakukan evaluasi setiap hari untuk melihat pelaksanaan agar lebih baik dan tidak menimbulkan kerumunan, tegasnya.

Bupati mengatakan dengan pelayanan vaksin di lima sentra vaksin, setiap harinya bisa melayani 2.500 warga. Sampai saat ini sudah lebih dari 115.000 masyarakat umum yang divaksin, pemerintah daerah juga sudah meminta kepada propinsi karena Kendal zona merah agar jumlah vaksin bisa ditambah lebih banyak lagi.

Sementara itu Camat Kaliwungu Nung Tubeno mengatakan, dari arahan bupati pihaknya akan mengatur lagi penataan meja untuk petugas kesehatan. Saat ini ada lima titik pelayanan vaksin yang berada di dalam aula, untuk kedepannya akan ditarik agar tidak ada kerumunan di dalam aula.

Tadi arahannya petugas kesehatan bisa diberi jarak lagi, karena ada lima titik nanti yang dua akan diletakan di luar aula. Begitu juga dengan antrian warga nanti kita akan pasang tenda di halaman agar tidak berkerumun di depan aula kecamatan, ujarnya.

Pengaturan juga akan dilakukan petugas sehingga antara warga yang menunggu giliran vaksin dan yang sudah bisa dipisah. Pengaturan jadwal juga akan diperketat sehingga warga yang datang benar-benar datang sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan.

Artikel Asli