Tidak Divaksinasi, Wanita Asal Belgia Ini Terinfeksi 2 Varian Covid-19 Sekaligus, Meninggal 5 Hari Kemudian

riau24.com | Nasional | Published at 13/07/2021 11:12
Tidak Divaksinasi, Wanita Asal Belgia Ini Terinfeksi 2 Varian Covid-19 Sekaligus, Meninggal 5 Hari Kemudian

RIAU24.COM- Varian virus Corona yang lebih berbahaya mulai muncul dengan cepat di seluruh belahan bumi.

Kasus ini dilaporkan dalam Kongres Eropa tentang Mikrobiologi Klinis & Penyakit Menular (ECCMID) 0n 11 Juli.

Dikatakan bahwa insiden itu terjadi pada bulan Maret dan melibatkan seorang wanita berusia 90 tahun yang tidak divaksinasi yang tinggal di sebuah panti jompo di Brussels. Wanita itu dibawa ke rumah sakit pada 3 Maret 2021 dan dinyatakan positif Covid-19. Namun, kondisinya memburuk dari waktu ke waktu dan dia meninggal lima hari setelah dites positif, lapor DW.

zxc1

Setelah dilakukan pengujian lebih lanjut, wanita tersebut terinfeksi dua varian Covid-19 yaitu Alpha (dari Inggris) dan Beta (dari Afrika Selatan).

Ahli biologi molekuler Anne Vankeerbergen dari rumah sakit OLV mengatakan bahwa kemungkinan wanita tua itu telah tertular varian dari orang yang berbeda tetapi mereka tidak yakin bagaimana infeksi itu terjadi, menurut sebuah laporan dari REUTERS. Diyakini bahwa ini adalah kasus pertama yang dilaporkan di mana infeksi simultan dari dua varian telah terdeteksi.

zxc2

Sementara itu, di Malaysia, Dr Noor Hisham mengatakan bahwa pengawasan perbatasan harus dilanjutkan dan ditingkatkan untuk meminimalkan Variants of Concern (VOC) seperti alpha, beta dan yang paling berbahaya adalah Delta. Selain itu, kabarnya varian Beta sudah ditemukan hampir di seluruh negara bagian Malaysia dan diyakini varian tersebut sudah ada di masyarakat.

Namun, Dr Noor Hisham mengatakan bahwa vaksin yang kita miliki saat ini masih efektif melawan variannya.

Direktur Jenderal Kesehatan juga mengatakan bahwa jika tingkat vaksinasi berlanjut pada kecepatan ini maka dimungkinkan untuk mencapai kekebalan kelompok pada bulan September.

Kita tentu berharap herd immunity bisa tercapai secepatnya! Jika Anda atau orang yang dekat dengan Anda belum mendaftar untuk vaksinasi, segera lakukan!

Artikel Asli