Kisah Penyintas Covid-19 di Banjarmasin Sembuh Usai Terapkan Pola Hidup Sehat

apahabar.com | Nasional | Published at 13/07/2021 11:10
Kisah Penyintas Covid-19 di Banjarmasin Sembuh Usai Terapkan Pola Hidup Sehat

apahabar.com , BANJARMASIN Setelah hasil swab PCR positif, banyak cara yang bisa dilakukan agar terbebas dari belenggu Covid-19. Di antaranya menerapkan pola hidup sehat selama masa isolasi.
Itu lah yang dilakukan Arpawi, warga Kota Banjarmasin. Pria 28 tahun ini akhirnya terbebas dari Covid-19 setelah menjalani isolasi mandiri (isoma).

Sebelumnya, Arpawi diagnosa positif Covid-19 pada 2 Juli. Tak berselang lama,m terhitung 5 Juli lalu, Arpawi dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani swab antigen.

Nah, Arpawi pun membeberkan sederet pola hidup sehat saat melawan virus Corona.

Selama isoma di tempat tinggalnya kawasan Pemurus Dalam, ia lebih selektif mengubah dan menjaga kesehatan lebih baik lagi.

Misalnya tidak lagi mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi. Ia lebih mengutamakan buah-buahan yang memiliki karbohidrat rendah.

Arpawi membeli makan hanya lewat ojek online (Ojol). Ia menghindari berinteraksi orang banyak seperti istrinya. Arpawi dan istrinya yang bekerja di Puskesmas juga kala itu untuk sementara pisah kamar.

Saya berhenti mengisap roko, dan di rumah terus memakai masker, ujar Alumni Uniska Banjarmasin ini.

Selain itu, Arpawi juga rutin berolahraga dan berjemur dari pukul 8-9 pagi di taman belakang rumahnya. Aktivitas push up dan jogging menjadi agenda rutinnya sehari hari.

Konsumsi air putih yang berlebihan turut diterapkannya.

Dukungan dari teman terdekat dan rekan seprofesinya berdampak kepada emosional Arpawi untuk segera sembuh dari infeksi Covid-19.

Bergitar dan tayangan komedi bisa meningkatkan imun tubuh saya. Aktivitas itu saya lakukan setiap hari, pungkasnya.

Setelah terbebas dari Covid-19, Arpawi berpesan bagi masyarakat untuk mempertimbangkan segala aktivitas selama pandemi Covid-19.

Hanya kebutuhan yang benar-benar perlu dan mendesak barulah keluar rumah. Jika diluar pun harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sampai sekarang pun saya tetap menjaga Prokes karena Covid-19 ini benar adanya, ucapnya.

Artikel Asli