Jokowi ke Perwira Remaja TNI-Polri : Jaga Pancasila dari Gempuran Ideologi Luar

inewsid | Nasional | Published at 13/07/2021 10:40
Jokowi ke Perwira Remaja TNI-Polri : Jaga Pancasila dari Gempuran Ideologi Luar

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada perwira remaja TNI-Polri untuk melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi luar. Selain itu, keduanya juga harus terus mengikuti perkembangan zaman dalam melaksanakan tugasnya.

"Tanggung jawab saudara-saudara sangat besar, saudara-saudara harus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi dari luar, saudara harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi antaranak bangsa," ucap Jokowi saat melantik dan mengambil sumpah 700 orang calon perwira TNI-Polri pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) 2021 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Kepala Negara juga ingin perwira remaja TNI-Polri menjaga persatuan dalam keberagaman di Indonesia, memegang teguh kode etik perwira dan menjunjung kehormatan.

"Pelihara kekompakan antarsesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing dan melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar dan optimisme dan penuh rasa percaya diri," tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi berpesan agar perwira remaja TNI-Polri harus mengikuti perkembangan zaman dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Di dunia militer misalnya strategi dan taktik peperangan di era modern harus dipahami dengan baik.

Lalu di dunia kepolisian harus semakin canggih dalam memberantas kejahatan serta menggunakan instrumen teknologi informasi untuk menegakkan hukum.

"Sekali lagi ada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, ada mental dan karakter yang tangguh, yang tanggap, cepat dan cerdas, ada karakter kebangsaan yang kokoh penjaga NKRI dan penjaga Pancasila sejati," ucap Jokowi.

Pada upacara Praspa TNI-Polri tahun ini, Jokowi melantik 700 perwira pertama di kedua institusi tersebut. Diantaranya terdiri atas 227 perwira remaja lulusan Akademi Militer, 101 perwira muda lulusan Akademi Angkatan Laut, 91 perwira remaja Akademi Angkatan Udara, dan 281 perwira remaja lulusan Akademi Kepolisian.

Jokowi juga menganugerahi Bintang Adhi Makayasa untuk empat orang lulusan terbaik TNI-Polri. Keempatnya antara lain Letda Septian Haryono Pasaribu dari Akmil, Letda Always Giving Hamonangan Tiris dari AAL, Letda Laode Abdul Muis dari AAU, dan Ipda Hary Indrajati dari Akpol.

Artikel Asli